BeritaFoto

Menko Luhut Minta Kemenkes Tingkatkan Manajemen Data Covid-19

Dibaca: 83 Oleh Jumat, 13 November 2020November 14th, 2020Tidak ada komentar
Menko Luhut Minta Kemenkes Tingkatkan Manajemen Data Covid-19
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves—Jakarta, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan yang merupakan Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 meminta agar Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan segera bekerja sama dengan BUMN Telkomsigma untuk meningkatkan infrastruktur digital dan sistem informasi manajemen Covid-19, serta berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan integrasi Data Covid-19 dengan data kependudukan (NIK). Hal-hal ini penting demi optimalisasi manajemen data Covid-19 secara nasional.

“Fase 1 perbaikan sistem NAR (New All Record) yang dilakukan oleh Pusdatin dan Telkomsigma disambut baik oleh para pengguna. Kecepatan dan kelancaran entry data sudah lebih baik,” kata Menko saat memimpin rakor virtual mengenai Perbaikan Manajemen Data Covid-19 di Jakarta pada Hari Jumat (13-11-2020). Dia pun mengapresiasi kerja sama yang baik antara Kemenkes dengan berbagai pemangku kepentingan terkait.

Dengan momentum Covid-19, Menko Luhut mendorong perwujudan big data (maha data) kesehatan yang menampung dan mengintegrasikan berbagai sumber data kesehatan, seperti rekam medis elektronik, BPJS Kesehatan, vaksin, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Rakor Penyelesaian Konflik Masyarakat Nelayan Pantai Binyu dan aktifitas Pertambangan Timah di Kabupaten Bangka

Saat ini Pusdatin Kemenkes bersama dengan Telkomsigma sedang melakukan perubahan infrastruktur digital dan sistem informasi manajemen COVID-19 (termasuk sistem NAR untuk hasil laboratorium).

“Saya minta perubahan infrastruktur digital dan sistem informasi manajemen COVID-19 harus menggunakan teknologi terbaru dan mumpuni untuk mengakomodasi kebutuhan penanganan pandemi agar tidak ada kendala teknis ketika diakses oleh publik,” ingatnya.

Perubahan sistem NAR dan berbagai aplikasi lainnya akan dilakukan bersama subdit-subdit terkait di Kemenkes, Balitbangkes, Pemda, dan para pengguna aplikasi di lapangan. Perbaikan perlu dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip Satu Data Kesehatan. Proses penguatan manajemen data Covid-19 ini akan dikoordinir oleh Pusdatin.

Pada kesempatan yang sama, Menkes Terawan menyatakan siap mendukung perwujudan Satu Data Kesehatan, termasuk untuk pengadaan infrastrukturnya. “Saya support apa saja yang bisa dilakukan oleh Kemenkes, misalnya untuk infrastruktur yang bisa diadakan tahun ini, kami siap,” tegasnya.

Menyambung pernyataan Menkes Terawan, Plt Kapusdatin Anas Maruf mengatakan bahwa pihaknya kini sudah berkoordinasi dengan berbagai pengampu sistem informasi terkait Covid-19 termasuk dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri yang memiliki data kependudukan (NIK). “Kami sudah bertemu dengan pihak Ditjen Dukcapil untuk melakukan pencocokan konsep untuk mengintegrasikan sistem NAR dengan data NIK,” terang Anas.

Baca juga:  Menko Marves Melakukan Rapat Bersama Menteri PUPR

Sementara itu, Direktur Telkomsigma Tanto Suratno menyatakan pihaknya siap mendukung perbaikan infrastruktur digital dan sistem informasi manajemen data Covid 19. “Dalam jangka pendek, kami telah mempercepat proses input data dengan melakukan klasterisasi aplikasi dan database di server milik Pusdatin,” bebernya.

Namun demikian, dia mengungkapkan masih adanya beberapa kendala dalam sistem yang perlu segera dibenahi agar server tidak down saat diakses bersama-sama. Untuk ini, Menko Luhut minta agar dalam pekan ini Telkomsigma segera bertemu kembali dengan Pusdatin Kemenkes guna merinci rencana perbaikan dalam jangka waktu dekat.

Hadir pula dalam rakor virtual tersebut antara lain Direktur Telkom Fajrin Rasyid, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif, serta Ketua Umum PP PDS PatKlin Profesor Aryati.

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel