Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Menko Luhut : Soal 2030, Kita jangan Pesimis

By 08 Apr 2018 14:25Berita
WhatsApp_Image_2018-04-08_at_15.09.30

Maritim – Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan kepada media bahwa pertemuannya dengan Prabowo hanyalah pertemuan antar kawan lama yang pernah sama-sama di TNI dan tidak perlu dibesar-besarkan. Hal ini disampaikan usai menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional PDI Perjuangan pada hari Minggu (8-April-2018).

“Baik-baik saja, bicara macam-macam yang lucu-lucu,” gurau Luhut. Ketika ditanya apakah ada obrolan mengenai Indonesia 2030, Menko Luhut menegaskan, soal 2030, jangan pesimis. “Beliau cerita dia bilang saya ada baca buku Ghost Fleet itu, saya fikir bagus bagus saja. Kita jangan pesimis saya katakan. kita harus optimis.  Bahwa itu mengingatkan kita semua untuk hati hati. Tapi, kalau seperti saya ceramah tadi di PDIP, tidak ada indikasi untuk kita bisa bubar seperti itu”, tegasnya.

Navigasi Laut

Salah satu masalah kemaritiman yang diangkat dalam paparan adalah masalah navigasi laut. Menko Luhut juga menjelaskan solusi terkait masalah itu.

“Memang peta navigasi laut itu kita sangat miskin, jadi kita sekarang sedang perbaiki, kita juga sedang mau mengubah dan presiden juga setuju. Itu Pushidros itu nanti akan seperti Bakamla. Supaya dia punya budget sendiri untuk peta laut kita yang berpuluh puluh tahun itu tidak kita urus dengan cermat.”   Menko Luhut menjelaskan bahwa perbaikan navigasi laut dan Pushidros sedang diproses.

Teluk Balikpapan

Menko Luhut juga menjawab perihal masalah kebocoran pipa Pertamina di Teluk Balikpapan yang menurutnya sudah ditangani dengan professional tapi tetap butuh waktu untuk penyelesaian, “Kemarin saya sudah ngomong, bocoran itu diteliti.  Ada satu kapal batu bara yang anchoring (lego jangkar) di sana, kemudian kena pipanya, ya pipanya bocor. tapi sekarang penanganan limbah itu dilakukan dengan profesional. Itu yang saya kira bagus dan sekarang sudah terkendali”.

Menko Luhut menambahkan pihak terkait yakni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pertamina, juga sudah bekerja cepat, “Ibu siti (Menteri KLHK) mengirim 2 Dirjennya untuk melihat ke sana. CEO Pertamina saya juga telpon, sudah  melaporkan juga semua sudah terkendali.”

Menko Luhut menegaskan bahwa yang penting juga untuk dilakukan saat ini  adalah investigasi teknis untuk mencari siapa yang salah, “Nah, sekarang investigasi tehnis siapa yang bersalah sedang dilakukan. Jadi kita contain dulu masalahnya ini, selesai dulu. Baru sekarang mencari siapa yang salah, kalau memang ada tindakan hukum, tindakan administrasi, pasti akan dilakukan. Ini butuh waktu”

BioDiesel Sawit

Isu Crude Palm Oil (CPO) sawit Indonesia yang ditolak Uni Eropa juga dijelaskan oleh Menko Luhut.

“Isu sawit ini di Eropa memang saya diperintahkan Presiden untuk pergi ke sana sebagai utusan khusus untuk ketemu dengan Uni Eropa untuk biodiesel. Itu bidang saya. Nanti jangan bilang, kok sawit saya yang urusin.”

Menko Luhut menyampaikan karena masalah CPO Sawit menjadi perhatian Kemenko Kemaritiman terkait Biodiesel yang menggunakan bahan baku CPO adalah salah satu energi baru terbarukan yang bisa mengganti energi fosil.

“Biodieselnya, energi, ini bidang saya. Sawit bisa jadi energi baru terbarukan. saya mau ke sana mau ketemu di bursa eropa tanggal 23-24 bulan ini.” Pungkas Luhut.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Program Suar Kemaritiman Foto Siaran Pers Narasi Tunggal
Sort by
Suar Kemaritiman Edisi 14 – 16 Juli 2018
2018-07-16 17:27
Biro Informasi dan Hukum

1

Kunjungan Menko Luhut ke PT PAL
2018-07-16 15:10
Biro Informasi dan Hukum

1

Menko Luhut “Perang Dagang Adalah Peluang”
2018-07-16 15:00
Biro Informasi dan Hukum

1

Menko Luhut Tinjau Dermaga Porsea di Balige
2018-07-13 13:07
Biro Informasi dan Hukum

1

Menko Luhut: “Danau Toba Kini Mempunyai Galangan Kapal”
2018-07-13 12:57
Biro Informasi dan Hukum

1

Menko Luhut Meeting Bersama David Bohigian
2018-07-12 19:00
Biro Informasi dan Hukum

1

Rapat Koordinasi Mengenai Solid Waste
2018-07-12 18:30
Biro Informasi dan Hukum

1

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menko Luhut : Soal 2030, Kita jangan Pesimis