Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Menko Maritim : Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Annual IMF-World Bank 2018 Bali

IMF-WB

Maritim- Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan, dalam konferensi pers seusai memimpin rapat koordinasi Panitia Nasional persiapan Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank, ( AM IMF-WB ) 8-14 Oktober 2018, di Gedung Kementerian Keuangan, Selasa (13/3), menyatakan bahwa, pemerintah Indonesia telah mempersiapkan segala sesuatu mengenai pertemuan global tahunan yang digelar di Bali tersebut.

“Sudah kami evaluasi, kami laporkan semua persiapan yang sudah on the right track, tidak ada pending issue mengenai hotel, evakuasi, keamanan, dan alternatif pendaratan kalau terjadi bencana. Intinya, semua sudah kita siapkan dengan baik,” ujar Menko Luhut, yang sekaligus ditunjuk oleh pemerintah Indonesia sebagai Ketua Panitia Nasional AM IMF-WB 2018.

Kemudian, untuk ketersediaan penerbangan ke Bali, Menko Luhut menjelaskan, bahwa pemerintah Indonesia akan bekerjasama dengan Garuda Indonesia untuk ketersediaan bangku untuk business class dan first class bagi para delegasi internasional.

“Karena para tamu itu tidaklah layak kita sediakan economic class. Jadi kita sikapi dengan bekerjasama dengan maskapai Garuda. Misal dari Singapura ke Bali atau Bali ke Singapura akan ada penerbangan tambahan atau extra flight,” tambah Menko Luhut.

Diperkirakan, akan ada 20 ribu orang yang akan bertandang ke Bali. Oleh karenanya, sambung Menko Luhut. Pemerintah Indonesia juga akan mengatur ulang mengenai akomodasi atau ketersediaan kamar hotel bagi para delegasi negara asing, yang kebanyakan berprofesi sebagai gubernur bank sentral, bankir besar dan tokoh keuangan terkemuka dunia itu.

“Mereka akan memberikan benefit yang besar ke Hotel-hotel di Bali dan tempat lain seperti di Banyuwangi. Sekarang peak season. Dari 21 hotel berbintang yang kami persiapkan itu semua penuh. Namun, hal itu kita sedang atur lagi, kita juga siapkan turis high end , kelas menengah juga kita siapkan, semua sekarang jadi berkembang,” imbuhnya.

Terkait persiapan pengamanan, Menko Luhut mengatakan, akan ada 12 ribu personel keamanan yang terdiri dari TNI – Polri. Segala perencanaan keamanan, lanjut Menko Luhut, sudah dipersiapkan dengan sangat mendetail.

”Prinsipnya, TNI dan Polri siap mendukung kegiatan AM IMF-WB 2018. Jadi segala perencanaan sudah siap, time table siapa berbuat apa. Tinggal nanti adjustment bilamana ada tambahan,” terang Menko Luhut.

Lebih lanjut, mengenai persiapan infrastruktur pendukung AM IMF-WB 2018. Menko Luhut menyatakan, segala hal mengenai kesiapan infrastruktur pun sudah berjalan dengan baik. Bahkan, sampai dengan saat ini pemerintah melalui kordinasi Kemenko Maritim terus mempercepat semua penyelesaian pembangunan infrastruktur tersebut.

“Semua sudah siap, sampai hari ini kita masih underpass bisa lebih cepat. Kita berterima kasih kepada Pak Basuki (Menteri Pekerjaan Umum – Perumahan Rakyat). Jalan yang kurang baik, karena kami tinjau semua dapat diperbaiki. Overall persiapan bagus,” jelas Menko Luhut.

Sebagai penegas komitmen pemerintah Indonesia, Menko Luhut lantas mengungkapkan, bahwasanya Ketua Panitia Nasional AM IMF-WB 2018 adalah dirinya, dan Menko Luhut menegaskan, segala sesuatunya telah dilakukan secara terukur dan bertanggung jawab.

“Kami memberikan jaminan kepada anda semua, bahwa kita telah melakukan persiapan ini, dengan tata kelola yang terukur,” tegas Menko Luhut.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Siaran Pers Foto Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Menko Maritim : Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Annual IMF-World Bank 2018 Bali