Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Menko Maritim : Kita Cari Model Pembiayaan Baru Agar Tidak Terlalu Bebani APBN

By 17 Jan 2018 19:42 Berita
Doorstop

Maritim-Jakarta, Usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait skema blended finance(pembiayaan campuran) untuk seluruh proyek infrastruktur di Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyatakan, tujuan dari diadakannya Rakor tersebut adalah untuk mencari model pendanaan seperti apa saja yang tepat untuk diterapkan di Indonesia.

“Kita cari model-model pendanaannya, sekarang ini kalau hanya bertumpu pada BUMN tidak akan jadi, kalau itu bisa didanai, kan tidak perlu lagi menggunakan APBN, tidak masuk utang negara. Selama inikan kita berpikir hanya mengandalkan APBN saja,” ujarnya saat diwawancarai oleh sejumlah awak media di Kantor Kemenko Maritim, Selasa (16/1).

Namun demikian, Menko Luhut menggaris-bawahi, untuk seluruh proyek pembangunan infrastruktur itu pun wajib melalui tahapan studi, sebelum bisa ditetapkan untuk bisa menggunakan skema blended finance.
” Harus sudah ada studi yang jelas, jadi tidak boleh nanti proyek yang belum jelas itu. Intinya harus sudah ada hasil studi yang dihasilkan oleh institusi yang kredibel,” tegasnya.

KSO Bandara Kertajati Akan Diputuskan Jumat (19/1)

Terkait kesepakatan mengenai Kerja Sama Operasi (KSO) pengelolaan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Menko Luhut menjelaskan, bahwa pemerintah akan memfinalkan kesepakatan tersebut pada pekan ini atau pada hari Jumat (19 Januari 2018).

“Mengenai hal tersebut, pada hari Jumat pekan ini akan kita finalkan kesepakatannya,” kata Menko Luhut.

Kemudian, Menko Luhut menambahkan, untuk masalah angka kesepakatan KSO, menurutnya juga akan diatur dan dihitung. Namun pada dasarnya semua pihak yang terlibat sudah bersepakat di angka 17 – 20 tahun.

“Dan angkanya juga sudah ada tadi, mengenai pastinya nanti diatur, dihitung, tapi bassically mereka dapat sepakat. Tadi kita sedang memfinalkan antara 17 – 20 tahun,” tutupnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Siaran Pers Berita Deputi Foto Artikel
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Menko Maritim : Kita Cari Model Pembiayaan Baru Agar Tidak Terlalu Bebani APBN