Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Menko Maritim Apresiasi Toba Nauli Photo Contest & Exhibition 2017

By 30 Jul 2017 18:11Artikel
IMG-20170731-WA0009

Maritim – Jakarta,  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B Panjaitan mendapat kehormatan untuk menutup dan memberikan kata sambutan di rangkaian acara Toba Nauli Photo Contest & Exhibition 2017 di Museum Bank Mandiri Jakarta,  Minggu (30-07-2017).

Menko Luhut sangat mengapresiasi kerja keras para penyelenggara dalam memperkenalkan budaya, keindahan alam dan segala hal unik dan menarik di Sumatera Utara melalui fotografi, khususnya di Danau Toba, yang ditargetkan menjadi salah satu dari sepuluh destinasi wisata unggulan Indonesia.

“Saya berterima kasih atas jerih payah panitia acara ini, kita memang mesti bekerja keras untuk membuat Indonesia lebih baik, khusus untuk Danau Toba, harus 1 juta turis yang datang ke sana, itu bisa buka lapangan kerja banyak dan membuat wisata Indonesia lebih dikenal lagi di dunia,” ucap Menko Luhut.

Menko Luhut menambahkan, Kontes Foto Toba Nauli 2017 dapat menjadi alat untuk mengenalkan keindahan dan pesona Danau Toba kepada dunia. Dirinya juga menegaskan bahwa sejumlah infrastruktur telah dibangun dan dikembangkan untuk mendukung pariwisata di kawasan Danau Toba. Satu di antaranya adalah pengembangan Bandara Silangit.

“Hasil survei, 30 persen turis datang ke suatu destinasi wisata karena keindahan alamnya, 60 persen karena keunikan budayanya, dan 10 persen karena melihat sarana dan prasarananya. Nantinya wisatawan yang akan berkunjung ke Danau Toba bisa langsung melalui Bandara Silangit. Tahun ini, Bandara Silangit akan dikembangkan menjadi bandara internasional. Artinya, akan ada penerbangan langsung dari Luar Negeri ke Silangit. Semisal, akan ada penerbangan langsung dari Singapura dan Tiongkok,” terangnya.

Kontes Foto Toba Nauli 2017 ini telah dimulai sejak 15 Maret 2017 hingga 15 Juli 2017 dan telah berhasil mengumpulkan sebanyak 7000 lebih karya foto, dari berbagai sudut pandang baru tentang segala hal yang menarik di danau kaldera vulkanik terbesar di dunia tersebut.

Tujuan diadakannya Kontes Foto Toba Nauli 2017 adalah untuk menampilkan pesona Danau Toba kepada masyarakat Indonesia dan dunia. Selain itu, Kontes Foto Toba Nauli 2017 juga diadakan untuk meningkatkan keinginan masyarakat untuk mengunjungi Danau Toba.

Karya foto finalis wajib melalui seleksi para kurator foto yang terdiri dari Nicolas Marino (Argentina), Aryono Damar Djati (Indonesia), dan Ricky Siegers (Belanda). Ketiganya berhasil menentukan 80 finalis dan 5 orang pemenang yang karyanya dipamerkan di Museum Bank Mandiri sejak tanggal 27 – 30 Juli 2017, dan sukses menarik minat masyarakat luas dari berbagai profesi dan latar belakang.

Kelima karya foto finalis terbaik ini adalah Ares Jonekson Sinagi dari Medan, Andru Kosti dari Medan, Asmon Pardede dari Medan, Angelus Agustinus dari Jakarta dan Zulfikri Sasma dari Padang. Foto-foto terbaik ini menunjukkan berbagai sisi Danau Toba yang luput dari perhatian khalayak umum. Perspektif baru ini akan membawa wisatawan untuk melihat sisi-sisi menakjubkan lain yang belum pernah dilihat dan dialami sebelumnya.

“Mereka (para fotografer) sudah selayaknya mendapat apresiasi karena karyanya yang menceritakan Danau Toba lewat foto. Masyarakat luas perlu melihat Danau Toba tidak hanya dari keindahan alamnya, namun juga budayanya. Masih banyak yang bisa dieksplorasi lagi di Danau Toba,” ujar Ketua Panitia Toba Nauli 2017, Toto Charano.

Bagi masyarakat yang belum sempat berkunjung, pameran karya foto ini diperpanjang hingga Senin, (31-07-2017) mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Siaran Pers Berita Deputi Artikel
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menko Maritim Apresiasi Toba Nauli Photo Contest & Exhibition 2017