Berita

Menunjang Kinerja Lapangan, Kemenko Marves Laksanakan Lokakarya Informasi Geospasial

Dibaca: 5 Oleh Kamis, 10 Desember 2020Tidak ada komentar
Menunjang Kinerja Lapangan, Kemenko Marves Laksanakan Lokakarya Informasi Geospasial
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Tangerang, Untuk memperkuat pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan serta pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian dan Lembaga terkait dengan isu di bidang pengelolaan lingkungan dan kehutanan, Kementeriaan Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengadakan Lokakarya Pelaksanaan Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Berbasis Informasi Geospasial yang dilaksanakan pada Senin sampai Rabu (07 sampai 09 – 12 – 2020).

“Lokakarya ini diselenggarakan dalam rangka membekali para Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenai pemahaman dasar terkait Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dapat digunakan untuk mengolah dan menganalisis data berbasis keruangan (spasial),” ujar Asisten Deputi Planologi Kehutanaan dan Tata Lingkungan Sugeng Harmono.

Untuk menentukan sebuah kebijakan atau langkah kerja dibutuhkan data dan informasi yang tepat. Data dan informasi merupakan produk yang dihasilkan dari pengolahan citra penginderaan jarak jauh yang selanjutnya dapat dianalisis menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Tujuan utama dari SIG untuk dapat mengenali dan membedakan obyek dan fenomena pada, atas dan bawah permukaan bumi secara cepat, tepat dan akurat.

Baca juga:  Tekan Penularan Virus Corona di Jateng, Menko Luhut Minta Masyarakat Isolasi di Fasilitas Pemerintah

Keuntungan dari SIG terbagi dari faktor efisiensi, kelengkapan, serta kemudahan pengolahan data. SIG merupakan sistem yang efisien untuk mendapatkan informasi pada permukaan bumi untuk wilayah yang luas dan dapat menjangkau daerah yang sulit dicapai secara langsung. Kelengkapan data yang dihasilkan juga dapat mencakup keteraturan pengamatan, perubahan, serta kecenderungan (trend) pada data dan informasi yang diambil.

Kegiatan lokakarya ini dihadiri oleh internal Kemenko Marves serta perwakilan dari Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Wilayah (PTPSW) BPPT sebagai pemberi materi. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kemenko Marves dan BPPT yang akan diselenggarakan secara berkala di masa yang akan datang.

“Melalui Lokakarya ini diharapkan dapat menunjang pekerjaan para ASN di Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, sehingga dapat memberikan rekomendasi kebijakan yang lebih akurat berdasarkan analisis data spasial yang ada,” tutup Asdep Sugeng dalam lokakarya ini.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel