Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Mimpi Jadikan Danau Toba Destinasi Wisata Kelas Dunia

By 09 Jan 2016 12:36Berita
RR2016010912

Maritim – Dari 16 Kecamatan di wilayah Kabupaten Toba Samosir, Kecamatan Ajibata memiliki Bandar Udara (Bandara) Sibisa. Daerah ini memiliki potensi untuk dikembangkan, demi menunjang majunya pariwisata kawasan Danau Toba.

Hal ini dikatakan Pj. Bupati Toba Samosir Hasiholan Silaen dalam Rapat Kordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba, di IT DEL Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (9/1).

Rakor ini termasuk istimewa karena dihadiri lima menteri. Kelima menteri tersebut yakni Menpar Arief Yahya, Menkopulhakam Luhut Panjaitan, Menko Maritim Rizal Ramli, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Selain itu, beberapa pejabat dari Sumatera Utara, seperti Plt Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi dan para Bupati Se-Kawasan Danau Toba juga hadir.

Rizal Ramli, yang bertindak sebagai pimpinan Rakor menjelaskan bahwa bangsa Indonesia, khususnya masyarakat sekitar Danau Toba punya mimpi agar daerah tersebut yang indah, makin dikenal dunia.

Caranya antara lain mengubah pola lama dan mereformasi pemikiran lokal tentang pariwisata. Selain itu akan dibenahi fasilitas, infrastruktur dan pengelolaan pariwisata termasuk menjual history, terkait Danau Toba.

“Untuk itulah dibentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Danau Toba menjadi satu pintu dalam hal share,” katanya.

Sementara itu Menkopolhankam Luhut Binsar Panjaitan dalam pengantarnya menyampaikan harapan yang sudah puluhan tahun diidam-idamkan.

“Saya bicara sebagai warga Batak, dari lubuk hati terdalam bahwa inisiatif dari Menko Maritim, Menpar, Menteri LHK, dan Menteri PU adalah langkah yang baik. Di sini kita berkumpul untuk membicarakan infrastruktur, pariwisata, lingkungan dan lain-lain mengenai Danau Toba. Saya sudah sampaikan ke Presiden Jokowi dan beliau senang sekali,” kata Ketua Pembina Yayasan DEL ini.

Setelah Rakor selesai, Rizal Ramli masih menyempatkan diri memberikan kuliah umum untuk SMA DEL dan mahasiswa IT DEL.

(Maritim/Yas/Arp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Reformasi Birokrasi Siaran Pers Artikel Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mimpi Jadikan Danau Toba Destinasi Wisata Kelas Dunia