Berita

Mudahkan Kecocokan Sistem TI Antar K/L, Kemenko Marves terus Kawal Tindak Lanjut Penyusunan SOP Pertukaran Data dan Informasi

Dibaca: 18 Oleh Rabu, 10 Maret 2021Tidak ada komentar
Mudahkan Kecocokan Sistem TI Antar K/L, Kemenko Marves terus Kawal Tindak Lanjut Penyusunan SOP Pertukaran Data dan Informasi
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-158/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2021

Marves – Tangerang, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi menyelenggarakan rapat tindak lanjut pembahasan mengenai Standard Operating Procedure (SOP) penegakan hukum di laut. Rapat yang dilaksanakan pada 8-10 Maret 2020 ini menindaklanjuti pertemuan yang sudah diadakan sebelumnya mengenai SOP pertukaran data dan informasi dalam rangka penegakan hukum laut antara 8 (delapan) kementerian atau lembaga terkait. Rapat tindak lanjut ini membahas juga mengenai Application Programming Interface (API) Gateway untuk interoperability (kecocokan operasi program) sistem-sistem yang terdapat di masing-masing kementerian atau lembaga dalam rangka meningkatkan kewaspadaan maritim.

“Melalui rapat ini, kita akan menyepakati draft final terkait beberapa SOP yang ada. Selain itu juga API antara kementerian atau lembaga sudah bisa disepakati dan dapat digunakan,” papar Plt. Asdep Keamanan dan Ketahanan Maritim dalam rapat tersebut.

SOP yang dibahas adalah mengenai SOP Kejahatan Pembuangan Limbah Pencemaran Lingkungan atau Limbah Berbahaya, Kejahatan Perdagangan Benda Cagar Budaya Bawah Air, Penyelundupan Amonium Nitrat dan Potassium, Penambangan Timah Lepas Pantai Ilegal, Export Ilegal Merkuri, Perdagangan Orang dan Penyelundupan Manusia, dan Pergerakan Ilegal Hasil Pertanian dan Kehutanan. Ketujuh SOP tersebut disepakati finalisasi untuk draft yang sudah tetap melalui rapat ini.

Baca juga:  Kemenkes Targetkan Universal Health Coverage

Selain dengan  pembahasan SOP, Pertemuan ini menekankan penggunaan API Gateway sebagai interoperability sistem-sistem yang terdapat di masing-masing Kementerian/Lembaga. Sistem ini tentu memudahkan tiap K/L untuk bertukar data dan informasi satu dengan yang lainnya.

Dalam rapat ini  hadir pula perwakilan Biro Hukum dan Biro Komunikasi Kemenko Marves, dan berbagai Kementerian dan Lembaga terkait yang telah berkolaborasi dalam mencetuskan penyusunan SOP ini. Diharapkan, segera terjadi kerjasama terbaik untuk meningkatkan kewaspadaan maritim, dan payung hukum yang ada dapat segera diimplementasikan demi keamanan, keselamatan, dan ketahanan maritim Indonesia.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel