Berita DeputiDeputi 3

Pantau Pembangunan Infrastruktur Jaringan Gas Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, Progresnya Sudah 88,8 Persen

Dibaca: 111 Oleh Rabu, 8 September 2021September 10th, 2021Tidak ada komentar
7M0A0358
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-561/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IX/2021

Marves – Cirebon, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terus memantau Major Project pembangunan Infrastruktur Jaringan Gas Kota untuk rumah tangga (Jargas) yang termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan target 4 Juta Sambungan Rumah (SR). Untuk itu, hari ini (7-9-2021) Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi melalui Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air, turun langsung tepatnya ke wilayah Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon guna mengecek progres pembangunan Infrastruktur Jargas di wilayah tersebut.

“Kami sengaja datang ke sini untuk mendengar sejauh mana capaian proyek jargas ini. Sudah berapa banyak yang dibangun untuk rumah tangga, apa saja masalah yang dihadapi dan peninjauan ini sekaligus menjalankan fungsi Delivery Assurance Unit (DAU),” kata Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, Sumber Daya Air, Rahman Hidayat di Kantor PGN Kota Cirebon, Selasa (7-9-2021).

Menurut Asdep Rahman program ini harus dikawal bersama-sama dengan baik, agar sesuai target yang sudah ditentukan yaitu selesai pada bulan November 2021 mendatang.

Baca juga:  Potensi Pariwisata Sumenep Menyambut Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN 2018

Menanggapi Asdep Rahman, Sales Area Head PGN Cirebon, Makmuri dalam paparannya mengatakan bahwa progres pembangunan jargas rumah tangga Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon sampai saat ini telah mencapai 88,8%.

“Untuk Kota Cirebon dengan target 4.515 SR penyelesaiannya sudah 86,9% terpasang di kelurahan Argasunya, Harjamukti, Kalijaga dan Kecapi. Kemudian untuk Kabupaten Cirebon dengan target 3.758 SR sudah 91,1% terpasang di Desa Klayan, Jatimerta, Astana dan Jadimulya. Jadi ini kalau gabungan progresnya sudah 88,8%,” jelas Makmuri.

Untuk memastikannya setelah berkoordinasi, Asdep Rahman bersama tim Direktorat Jenderal Minyak dan Gas dan tim PGN mengunjungi masyarakat perumahan Montana Village Kelurahan Harjamukti Kota Cirebon yang telah dipasang jargas rumah tangga pada April 2021.

Kedatangan Asdep Rahman dan tim disambut baik masyarakat. Secara antusias, masyarakat di sana sangat berterimakasih atas pemasangan jaringan ke rumah-rumah mereka. Mereka mengaku dengan terpasangnya jargas rumah tangga membuat lebih hemat dan praktis.

“Saya terimakasih sekali buat tim Pak Luhut yang hadir, sudah ada jargas di komplek saya. Ini lebih hemat dibandingkan gas LPG. Kalau pakai LPG sebulan saya bisa menghabiskan 3 tabung gas. Namun dengan jargas, dengan pemakaian yang sama dalam waktu sebulan saya hanya membayar 24 ribu. Selain itu pemasangan Jargas dengan paket kompor gratis dengan dua tungku sangat praktis penggunaanya, aman dan juga tidak perlu khawatir kehabisan gas,” jelas Ibu Purba, salah satu warga Montana Village.

Baca juga:  Kemenko Maritim : Merkuri Masalah Kita Semua

Menutup kunjungan, Asdep Rahman mengatakan bahwa jargas di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon dilihat dari kondisi di lapangan akan selesai sesuai target waktu yang ditentukan.

“Ini cukup menggembirakan ya, kalau di lihat ini akan sesuai target. Kedepannya untuk memenuhi permintaan masyarakat mungkin perlu penambahan jargas rumah tangga sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari jargas ini,” pungkasnya.

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel