Berita

Perluas Dampak Gernas BBI di Nusa Tenggara Barat, Kemenko Marves Gelar Rapat Koordinasi

Dibaca: 14 Oleh Rabu, 24 Maret 2021Tidak ada komentar
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-147/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2021

Marves – Mataram, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Rapat Koordinasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia(BBI) di Aula Serbaguna Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu (3-03-2021).

Rakor ini merupakan tindak lanjut dari peluncuran Gernas BBI NTB yang dilaksanakan pada pagi hari yang sama di Pantai Kuta Mandalika dan bertujuan untuk memperluas dampak program ini di NTB. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Sartin Hia bersama para kepala Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, dan Dinas Pariwisata se-Provinsi NTB (Kab. Bima, Kab. Dompu, Kab. Lombok Barat, Kab. Lombok Tengah, Kab. Lombok Timur, Kab. Utara, Kab. Sumbawa, Kab. Sumbawa Barat, Kota Bima, dan Kota Mataram) hadir dalam rapat ini.

“Dukungan pemerintah daerah sangat penting bagi kesuksesan Gernas Bangga Buatan Indonesia, khususnya terkait validitas data UMKM daerah yang akan dilakukan on-boarding  (bergabung) ke marketplace,” jelas Asdep Sartin yang hadir didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov NTB Ridwansyah, dan Deputi Kepala Perwakilan BI NTB Iwan Kurniawan.

Baca juga:  Menko Luhut Apresiasi Tim Pencari Yang Menemukan CVR Lion Air JT-610

Pada kesempatan yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov NTB Ridwansyah  menambahkan bahwa pemulihan ekonomi akibat pandemi dapat dilakukan melalui penguatan UMKM yang berbasis pada desa.

“Saat ini telah terdata 4.673 UMKM melalui aplikasi Simpul milik Pemerintah Provinsi NTB yang diharapkan terus bertambah. Selain itu, Pemprov NTB melalui Dinas Perdagangan telah membuat marketplace lokal yaitu NTB Mall yang memiliki 1.000 UMKM terdaftar,” jelasnya.

Tindak lanjut dari rapat ini ialah akan dilaksanakan validasi data UMKM yang akan dikerjakan oleh Dinas Koperasi dan UKM dengan memanfaatkan agregat data dari dinas-dinas lain,  keterlibatan Dinas Kominfo untuk penguatan jaringan internet di desa-desa, serta digencarkannya publikasi melalui kehumasan di tiap dinas-dinas pemerintah daerah tingkat I dan II mengenai kampanye Gernas BBI.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel