Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim bersama Rektor WMU Mengunjungi Pelindo dan STIP

IMG_7694

Jakarta–Agenda kunjungan kerja Kemenko Maritim bersama Rektor WMU Cleopatra Doumbia-Henry juga diisi dengan port visit ke Pelindo 2 Tanjung Priok Hub dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Kementerian Perhubungan di Marunda (04/04/2017).

Delegasi dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Pendidikan Maritim Tb Haeru diterima oleh Direktur Prasetyadi. Pras memaparkan perkembangan pembangunan pelabuhan-pelabuhan Indonesia. Pras juga mengatakan bahwa dirinya dan beberapa pegawai Pelindo lain adalah alumni WMU.

Port visit dilanjutkan ke lokasi NPCT 1 melalui jalan akses kontainer diatas laut. Pras yang memandu rombongan menjelaskan bahwa akses ini harus dibangun untuk efisiensi dan melindungi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan kompleks NPCT dari paparan polusi truk kontainer yang lalu lalang. “Kami menyebut fasilitas ini green port. semua fasilitas ini tidak melalui reklamasi tapi dengan penanaman beton cara dekonpile

Menurut Cleopatra pembangunan maritim Indonesia sangat pesat, “Diperlukan lebih banyak SDM yang kompeten untuk mengelola pelabuhan-pelabuhan ini” Kata Cleopatra. Kembali menyinggung komposisi wanita yang bekerja pada sektor teknis kepelabuhanan, ditegaskan bahwa tidak ada masalah gender di Pelindo, tapi Pras mengakui pegawai wanita banyak tidak memilih pekerjaan yang mengharuskan shift malam. Padahal Pelindo beroperasi 24 jam.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
IMG_7749
Jajaran taruna STIP Kementerian Perhubungan melakukan upacara untuk menyambut kunjungan Rektor WMU Cleopatra Doumbia-Henry.

Cleopatra mengakui terkesan dengan fasilitas pendidikan yang ada, komposisi siswa yang cukup berimbang antara lelaki dan perempuan “Di masa yang akan datang akan lebih banyak wanita berperan di sektor kemaritiman, dan yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan generasi muda ini sebaik-baiknya” Kata Cleopatra, “Pelayaran adalah mesin dari perdagangan dunia. Sesuatu yang sangat strategis sekaligus membanggakan” ditegaskannya dalam sambutan dihadapan ratusan taruna STIP.

Setelah mengunjungi berbagai fasilitas pendidikan di STIP. Bertempat di ruang Maritim, Ketua STIP Marihot  Simanjuntak memaparkan perkembangan kampus yang telah berdiri sejak tahun 1953 ini.

“Kami berharap melalui kerja sama WMU dengan Kemenko Maritim akan lebih banyak lulusan kami yang melanjutkan sekolahnya di WMU” tuturnya. Cleopatra menyatakan iapun berharap dapat melihat lebih banyak mahasiswa Indonesia melanjutkan pendidikan ke WMU. “Pendidikan adalah investasi jangka panjang. Bukan sesuatu yang hasilnya bisa diambil dalam satu atau dua tahun” Tegas Cleopatra. “Kelak kadet-kadet muda ini akan menggantikan kita, mungkin salah satunya akan menjadi rektor WMU. Mengapa tidak?” lanjut Cleopatra.

IMG_7828

IMG_7829
Diakhir kunjungannya Cleopatra membubuhkan tandatangannya dan memberikan pesan motivasi pada foto kenangan kunjungan ke STIP Kementerian Perhubungan. ***

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Narasi Tunggal Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Maritim bersama Rektor WMU Mengunjungi Pelindo dan STIP