Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Sah! Perjanjian Kerja Sama Riset Implementasi River Clean Up Indonesia-Belanda ditandatangani

Perjanjian_RI-Belanda__1_

Maritim – Jakarta,  Pemerintah Indonesia serius memerangi sampah plastik di laut sebesar 70% pada tahun 2025 dari 65 juta ton sampah di Indonesia pertahunnya.  Dalam mendukung pencapaian target pengurangan sampah laut ini, Pemerintah Indonesia telah menyusun Rencana Aksi Nasional yang meliputi strategi-strategi perubahan kebiasaan, Pengurangan Buangan Berbasis Lahan, Pengurangan Buangan Berbasis Laut/Pantai, Peningkatan Penegakan Hukum dan Riset Teknologi.

Untuk mewujudkan target mengatasi masalah sampah ini, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama Perwakilan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (KemenPUPR) dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda menandatangani perjanjian untuk membuat proyek penelitian bersama pengembangan teknologi inovatif untuk mengumpulkan sampah plastik di sungai dan kanal di wilayah Jakarta. Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan di kantor Kemenko Maritim, Kamis (26 April 2018).

Program ini dijadwalkan berlangsung pada 1 Oktober 2019 yang hasilnya akan diumumkan kemudian. Sebagai bagian dari proyek ini, sebuah sistem eksperimental pengumpulan sampah plastik akan diletakkan di Cengkareng.  Program tersebut termasuk pengembangan metode untuk mengelola pengumpulan sampah dengan baik (puing dan plastik) dalam cara yang efisien serta ramah lingkungan.***

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sah! Perjanjian Kerja Sama Riset Implementasi River Clean Up Indonesia-Belanda ditandatangani