BeritaFotoBerita DeputiDeputi 6

Penandatanganan PK 2021, Deputi Seto : Deputi VI Harus Terdepan Dalam Hal Kinerja

Dibaca: 21 Oleh Rabu, 10 Februari 2021Februari 23rd, 2021Tidak ada komentar
Penandatanganan PK 2021, Deputi Seto : Deputi VI Harus Terdepan Dalam Hal Kinerja
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-77/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2021

Marves – Jakarta, Menindaklanjuti Perjanjian Kinerja (PK) Eselon I tahun 2021 yang telah ditandatangani oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan melaksanakan penandatanganan PK Eselon II, III, IV dan Staf di lingkup Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan (Deputi VI), Rabu (10-02-2021).

Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan, Septian Hario Seto memberikan arahan bahwa Penandatanganan Perjanjian Kinerja ini adalah satu hal penting karena merupakan Implementasi dari Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP). “Perjanjian Kinerja ini juga nanti kedepannya akan menjadi penilaian untuk reformasi birokrasi kita, dan Deputi VI harus selalu menjadi yang terdepan dalam hal kinerja”, demikian disampaikan Deputi Seto dalam sambutannya.

Deputi Seto juga menyampaikan bahwa Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan mendukung pencapaian kinerja yang tertuang dalam perjanjian kinerja, selain itu juga Deputi VI sedang mengembangkan pemantauan kinerja melalui Objective Key Result (OKR).

Objective Key Result (OKR) menggambarkan tujuan yang ingin dicapai disertai langkah-langkah terukur untuk mencapai tujuan tersebut, secara garis besar kedua metode baik KPI maupun OKR yaitu sama-sama dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi.

Baca juga:  Pariwisata Domestik Jadi Andalan Dalam Proses Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19

Terkait dengan pandemi Covid-19, Deputi Seto memaparkan penyebaran kasus Covid-19 di lingkungan Deputi IV akhir-akhir ini sudah menurun, dan ia berpesan agar ini tetap dipertahankan. “Kalau ada yang sakit segera laporkan ke atasan atau ke Sesdep supaya bisa mendapatkan penanganan yang baik”, katanya.

Dengan adanya pandemi ini, lebih lanjut Deputi Seto mengatakan bahwa peningkatan investasi harus tetap berjalan. Menurutnya perlu dilakukan antisipasi karena dampak kepada tugas dan tanggaung jawab Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan akan cukup signifikan.

Dirinya mencontohkan, misalnya Industri Logam Dasar yang merupakan bagian dari hilirisasi Nikel yang selama ini dikawal mengalami pertumbuhan PDB yang siginifikan di kwartal ke IV 2020.

“Jadi ini sangat signifikan kontribusinya. Untuk sektor-sektor prioritas investasi yang lainnya coba kita berfikir dan berupaya bagaimana agar target dan realisasi investasinya itu masih bisa berjalan dengan baik. Ini adalah tugas kita untuk mengawal agar bisa memberikan kontribusi perekonominas yang lebih baik”, tegas Deputi Seto.

Disamping itu, Sekretaris Deputi (Sesdep) Latief Nurbana menyampaikan bahwa penandatanganan PK ini dilakukan dalam rangka menerapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), juga Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPan RB) Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Baca juga:  Kemenko Marves Dukung Penuh Pengembangan Pariwisata dan UMKM

“Pak Deputi, tahun 2021 ini kami semua dari level Eselon II, III, IV, hingga Staf di lingkup Deputi VI berkomitmen untuk melaksanakan seluruh kinerja yang Bapak berikan kepada kami dan ini semua akan tertuang di dalam PK”, ujar Sesdep Latief.

Sebagai penutup, Sesdep Latief melaporkan bahwa selama tahun 2021 ini Deputi VI juga akan melakukan monitoring dan evaluasi secara periodik yaitu dilakukan setiap 3 bulan sekali (triwulan).

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel