Berita Deputi

Pencemaran Laut Jadi Perhatian Serius

Pencemaran Laut Jadi Perhatian Serius
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Laut sebagai kekayaan yang dimiliki Indonesia harus dijaga keberlangsungannya, agar habitat yang ada di laut bisa terus lestari. Tapi sayangnya pencemaran laut yang ada di wilayah perairan Indonesia sangat tinggi, terutama pencemaran laut yang disebabkan oleh tumpahan minyak.

Tumpahan minyak di laut merupakan sumber pencemaran yang selalu menjadi fokus perhatian masyarakat luas. Sebab, akibatnya sangat cepat dirasakan oleh masyarakat sekitar pantai dan sangat signifikan merusak makhluk hidup di sekitar pantai tersebut.

Demikian disampaikan Asisten Deputi Lingkungan dan Kebencanaan Maritim, Sahat M. Panggabean saat membuka Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Kebijakan Perlindungan Lingkungan Laut, “Pengendalian Pencemaran Minyak” di Hotel Salak, Bogor, Jumat (8/4).

“Pencemaran laut yang disebabkan tumpahan minyak memang menjadi masalah serius yang harus segera ditangani oleh Pemerintah Indonesia,” kata dia.

Saat ini pencemaran minyak semakin banyak terjadi sejalan dengan semakin meningkatnya pengeboran lepas pantai dan kapal-kapal yang membuang limbah di laut.

Lebih jauh, Sahat mengatakan bahwa rapat kerja ini akan menghasilkan rekomendasi yang bisa menjadi acuan untuk melakukan perencanaan dalam langkah selanjutnya.

Baca juga:  Kemenko Maritim Akan Terus Mengawal Implementasi Perpres No 126 Tahun 2015

(Glh/Arp)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel