Berita DeputiDeputi 4

Percepat Implementasi RB, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Studi Banding ke KLHK

Dibaca: 9 Oleh Kamis, 18 Maret 2021Tidak ada komentar
Percepat Implementasi RB, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Studi Banding ke KLHK
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-173/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2021

Marves – Jakarta, Untuk mempercepat implementasi Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas tahun 2021, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan (PLK) bersama tim RB Deputi dan perwakilan Biro Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melaksanakan kunjungan dan studi banding pembangunan Zona Integritas ke Pusat Perencanaan dan Pengembangan SDM (Pusrenbang SDM) ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, pada Hari Rabu (17-03-2021). Tim diterima oleh Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM sekaligus Plt. Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan SDM, KLHK beserta jajarannya.

Dalam pengantar diskusi, Sekretaris Deputi PLK, Dirhansyah Conbul menyampaikan bahwa dirasa sangat perlu untuk belajar serta berbagi wawasan dengan Kementarian/ Lembaga lainnya dalam pembangunan Zona Integritas ini, terutama dengan mitra kerja Deputi PLK.

“Menambah wawasan dan pengetahuan ke unit kerja yang telah melaksanakan pembangunan dan meraih Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM) dianggap perlu. KLHK sebagai mitra kerja Deputi PLK pada tahun 2020 meraih penghargaan sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB,” tegas Sesdep Dirhansyah.

Baca juga:  Rapat Progress Report IMF-WB Annual Meeting 2018

Ade Palguna Ruteka selaku Sekretaris Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM sekaligus Plt. Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan SDM, KLHK sangat mengapresiasi kunjungan dan studi banding yang dilaksanakan oleh Deputi PLK, Kemenko Marves.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan kunjungan ini, selain menjadi sarana untuk saling berbagi informasi mengenai implementasi pembangunan Zona Integritas, hal ini juga bagian dari silaturahmi dan membangun jejaring kerja. Tahun 2020 KLHK menerima penghargaan untuk lima unit kerja berpredikat WBK dari Kemenpan RB,” tegasnya. Namun hal ini bukan tanpa perjuangan karena pembangunan ZI disini sudah dimulai sejak tahun 2016 dan baru berhasil di tahun 2020.

Saat ini ada beberapa aplikasi sebagai inovasi yang dibangun oleh Pusrenbang SDM untuk mendukung pembangunan ZI, diantaranya SIBUDE (Sistem Budaya Kerja) dan SPECTRA (Sistem Informasi Pemetaan Kompetensi SDM Aparatur KLHK) yang mungkin dapat diterapkan juga di lingkup Deputi PLK Marves.

“Pada dasarnya zona integritas adalah sebuah predikat untuk pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik melalui pelaksanaan reformasi birokrasi. Semoga ini menjadi awal yang baik dalam membangun kerja sama antara Deputi PLK dengan Pusrenbang SDM, KLHK untuk sama sama meningkatkan kinerja dan pelayanan dalam rangka mewujudkan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas yang semakin baik ke depannya. Selanjutnya kami akan menugaskan staf untuk mempelajari inovasi aplikasi yang dibahas dalam diskusi untuk coba dibangun dan diterapkan di lingkup kami,” tutup Sesdep Dirhansyah.

Baca juga:  Kunjungi “Kampung Iwak”, Deputi Safri Fokus Pengembangan Ikan Hias

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel