Berita DeputiDeputi 2

Percepat Penyelesaian Draft CTI-CFF, Kemenko Marves Adakan Pertemuan dengan K/L Terkait

Dibaca: 13 Oleh Sabtu, 8 Mei 2021Mei 21st, 2021Tidak ada komentar
Percepat Penyelesaian Draft CTI-CFF, Kemenko Marves Adakan Pertemuan dengan K/L Terkait
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-330/HUM/ROKOM/SET.MARVES/V/2021

Marves – Jakarta, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves) Agung Kuswandono memimpin rapat lanjutan mengenai Keputusan Menteri Koordinator (Kepmenko) Kemaritiman dan Investasi tentang Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security (CTI-CFF) dan penyelenggaraan Special Senior Meeting, serta Ministerial Meeting tahun 2021. Bersama Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Tb. Haeru Rahayu, Sesmenko Marves membahas beberapa hal seperti perubahan nama dan jabatan dalam SK CTI yang terbaru dan nantinya akan ditandatangani oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan.

Dalam SK CTI-CFF ini, berisi seluruh tim yang tergabung kalam Komite Nasional CTI-CFF. Dokumen ini perlu diperbaharui seperti anggota tim yang masuk didalamnya, regional plan of action 2.0 (RPOA 2.0), staff policies and manual (SPPM), dan comply agreement. “Beberapa hal penting ini perlu dibahas dan diperbaiki, agar dokumen ini nantinya bisa update dan sesuai dengan nomenklatur yang ada sekarang, juga nantinya pendanaannya bisa dihitung juga,” ujar Sesmenko Marves Agung Kuswandono (07-05-2021)

Baca juga:  Menko Bidang Kemaritiman Melayat Pak Sutopo PN

CTI-CFF merupakan inisiatif dari enam negara yang dilalui oleh segitiga terumbu karang dunia. Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste menjadi negara yang tergabung dalam inistiatif ini sejak tahun 2018. Inisiatif ini menjadi pembuktian bagi negara yang dilalui segitiga terumbu karang, jika mereka mampu menjaga dan memanfaatkan kawasan perairan dan pesisirnya secara berkelanjutan.

Peringatan Hari Segitiga Terumbu Karang di tanggal 9 Juni 2021 juga menjadi bahasan dalam pertemuan ini. Nantinya peringatan ini akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Ruang Laut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) akan ikut terjun dalam peringatan hari tersebut melalui Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim.

“Nanti di 9 Juni ini kita ada rencana untuk melakukan peringatan Hari Segitiga Terumbu Karang, kita harap nanti bisa kerja sama dengan KKP, KLHK, dan Kemenko Marves untuk melaksanakan acara ini,” papar Dirjen PRL Tb kepada Sesmenko Marves Agung Kuswandono.

Baca juga:  Kemenko Marves Tinjau Rencana Usulan Pembangunan Infrastruktur di Jembrana, Bali

Selain Hari Segitiga Terumbu Karang, akan ada juga Special Senior Meeting dan Ministerial Meeting di tahun 2021pada 27 Mei sampai 28 Mei 2021. Nantinya Kemenko Marves akan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan acara ini bersama dengan KKP, KLHK, dan K/L terkait lainnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel