ArtikelBeritaFotoPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Perkuat Akuntabilitas Kinerja, Kemenko Marves Gelar Bimtek Penyusunan Pohon Kinerja

Dibaca: 6 Oleh Rabu, 2 Juni 2021Tidak ada komentar
Perkuat Akuntabilitas Kinerja, Kemenko Marves Gelar Bimtek Penyusunan Pohon Kinerja
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Siaran Pers

No.SP-347/HUM/ROKOM/SET.MARVES/VI/2021

Marves–Jakarta, Dalam rangka penguatan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Tahun 2020, Biro Perencanaan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Pohon Kinerja pada Rabu, 2 Juni 2021 di Jakarta. Sekretaris Kementerian Koordinator, Agung Kuswandono menyampaikan terkait pohon kinerja ini adalah bagian dari penguatan sistem akuntabilitas kinerja Kemenko Marves.

“Sehubungan dengan rekomendasi Menpan terkait penguatan Akuntabilitas Kinerja Kemenko Marves Tahun 2020, maka dipandang perlu menyamakan persepsi mengenai pohon kinerja sebagai upaya penjabaran kinerja dan indikator kinerja yang lebih terperinci dengan kerangka logis serta memastikan upaya pencapaian target yang diperjanjikan mulai dari level pimpinan hingga staf,” kata Sesmenko Agung dalam membuka sambutannya.

Kemenko Marves sendiri telah mengimplementasikan SAKIP sejak pertama kali terbentuk sebagai wujud pelaksanaan amanat Perpres 29 Tahun 2014 dan PermenpanRB nomor 53 Tahun 2014. Baru memasuki tahun keenam, Kemenko Marves merupakan kementerian yang tergolong baru. Mengingat hal tersebut, Sesmenko Agung berpesan agar Kemenko Marves terus belajar dari sesama kementerian lainnya untuk terus menjadi lebih baik.

Baca juga:  Kemenko Marves Bahas Pentingnya PDB dalam Perekonomian Maritim

“Saya ingin kita sadar bahwa Kemenko Marves adalah organisasi yang masih muda, baru tahun keenam artinya masih banyak yang perlu kita pelajari. Saya mohon kita semua kembali menyadari bahwa kita secara organisasi kita masih perlu lebih banyak, oleh karena itu kita undang narsum dri Kemenko PMK dan Kementerian PANRB supaya kita tahu kelemahan-kelemahan kita dan itulah yang kita perbaiki,” tambah Sesmenko Agung.

Sesmenko Agung berharap melalui kegiatan ini seluruh peserta lingkup Kemenko Marves dapat membangun Pohon Kinerja dan dapat menjabarkan kinerja dan indikator kinerja yang lebih terperinci dengan menggunakan kerangka logis serta memastikan upaya pencapaian target yang diperjanjikan mulai dari level atas hingga pelaksana.

“Kita harus terus menjaga semangat dan melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas SAKIP kita ke depan agar apa yang kita targetkan Tahun ini bisa tercapai. Saya mohon kita selalu ingat enam pilar yang selalu saya sampaikan, yaitu pertama regulasi atau undang-undang, kedua organisasinya siapa saja yang melaksanakan, ketiga, sumber daya manusia atau orang-orang yg terlibat, kempat sarana prasana, kelima terkait IT, dan keenam anggarannya juga selalu dicek,” tutup Sesmenko Agung.

Baca juga:  Menko Luhut Meeting dengan Executive Director of Aerospace Mubadala

Hasil evaluasi Kemenpan & RB terhadap SAKIP Kemenko Marves Tahun 2020 menuntut untuk terus menguatkan komitmen dalam melaksanakan SAKIP. Tahun ini target Kemenko Marves cukup tinggi dimana meningkatkan predikat menjadi A dengan target 80.

“Dalam bimtek kali ini, kita akan melihat bagaimana pengelolaan akuntabilitas kinerja di Kemenko PMK yang hampir mirip namun tentu nanti akan ada hal-hal baru yang dapat dipelajari untuk Kemenko Marves. Kemudian, terkait pohon kinerja sebagai salah satu upaya penguatan akuntabilitas kinerja, kita mengundang dari KemenpanRB,” ungkap Karo Arif.

Dalam bimtek penyusunan pohon kinerja ini, turut mengundang Kepala Biro Perencanan Kemenko PMK Iwan Eka S, KemenpanRB Arif Lukman Hakim, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), dan 7 Kementerian dan Lembaga dibawah koordinasi Kemenko Marves, serta para sekretaris deputi, kepala biro, dan pegawai lingkup Kemenko Marves.

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel