Berita DeputiDeputi 1

Perkuat Kinerja Kemenko Marves, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi adakan Monitoring dan Evaluasi Capaian Kinerja 2020

Dibaca: 17 Oleh Rabu, 2 Desember 2020Tidak ada komentar
Perkuat Kinerja Kemenko Marves, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi adakan Monitoring dan Evaluasi Capaian Kinerja 2020
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves, Bogor – Dalam rangka memenuhi penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang di antara unsurnya meliputi pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan evaluasi capaian kinerja, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi (Deputi 1) melakukan Monitoring dan Evaluasi Capaian Kinerja 2020. Kegiatan dilaksanakan di Bandung pada Selasa-Rabu, (1-2 Desember 2020) dan dihadiri oleh seluruh unit eselon II lingkup Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi.

“Deputi 1 memiliki kontribusi secara langsung terhadap dua Indikator Kinerja Utama (IKU) Menteri, yakni Indeks Kedaulatan Maritim dan Indeks Kepemimpinan Maritim,” ungkap Ishak Octovianus Manafe, Sekretaris Deputi Bidang Kedaulatan Maritim dan Energi. “Deputi 1 telah melakukan penyusunan IKU yang bersifat outcome dan diturunkan secara berjenjang (cascading) dari IKU Menteri,” tambah Andi Hariawan, Kepala Bagian Program deputi 1 selaku pimpinan rapat.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut Evaluasi Capaian Kinerja Kemenko Marves pada Triwulan III yang pada kesempatan tersebut telah disampaikan progress kinerja Deputi 1. Dalam kesempatan itu juga dibahas perihal yang perlu ditindaklanjuti seperti kelengkapan data dan bukti dukung untuk diinput ke aplikasi Sistem Informasi Kinerja Maritim (SIK-M).

Baca juga:  Kemenko Maritim dan Kemendikbud Tanamkan Budaya Maritim Melalui Film

“Perlu disiapkan berbagai capaian IKU yang bersifat outcome dan output untuk menghitung capaian target kinerja yang tercantum dalam Perjanjian Kinerja,” tegas Andi. Deputi 1 telah menyampaikan berbagai progress pada pemantauan dan evaluasi capaian kinerja Kemenko Marves triwulan III 2020. “terdapat 18 output pada Sasaran Strategis Internal Business Process dan Learning and Growth Perspective,” tambahnya.

Penyelenggaraan Monitoring dan evaluasi ini menitikberatkan pada tiga tujuan utama, yaitu melakukan peninjauan ulang dan pengukuran capaian IKU Deputi 1 tahun 2020, melakukan evaluasi implementasi SAKIP Deputi 1, serta menyiapkan laporan dan data dukung capaian kinerja Deputi 1 triwulan IV 2020. Tujuan ini diharapkan tercapai dalam keseluruhan agenda yang ada.

Turut hadir Arif Rahman selaku Kepala Biro Perencanaan untuk menjelaskan Rancangan Pedoman Sistem Akuntabilitas Kinerja (SAK) Kemenko Marves. “Kewajiban menerapkan SAKIP diatur dalam Pasal 33 Ayat Perpres 92 Tahun 2019 dan Pasal 363 Permenko Nomor 2 Tahun 2019 tentang kewajiban penerapan SAKIP dalam instansi Pemerintah,” ungkapnya. Karo Arif  juga menjelaskan substansi yang terdapat pada Pedoman Umum yang baru terkait SAK Kemenko Marves. Selain Karo Perencanaan, hadir pula pejabat Inspektorat Kemenko Marves, Inspektur Ajum Muhtar yang memberikan paparan terkait Evaluasi Implementasi SAKIP Deputi 1.

Baca juga:  Menko Luhut membuka WIFT 2017 di Kepulauan Widi Maluku Utara

Rangkaian kegiatan terdiri dari enam agenda, yaitu peninjauan Manual IKU Deputi 1, disusul dengan paparan tentang Pengukuran Capaian Kinerja dalam Evaluasi SAKIP, Paparan tentang Pedoman umum SAKIP Kemenko Marves, Paparan tentang evaluasi Implementasi SAKIP Deputi 1 di hari pertama dan dilanjutkan paparan Capaian Kinerja Unit Eselon II Deputi 1 di hari kedua. Tiap unit kerja melakukan pemaparan terkait capaian kinerja tahun 2020. Diharapkan, pertemuan ini dapat meningkatkan upaya Deputi 1 dalam memperkuat dan meningkatkan kinerja pegawai Kemenko Marves, khususnya Deputi 1.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel