Berita

Perkuat Target Kinerja Tertinggi, Kemenko Marves Refleksi Capaian Kinerja

Dibaca: 17 Oleh Selasa, 6 April 2021Tidak ada komentar
Perkuat Target Kinerja Tertinggi, Kemenko Marves Refleksi Capaian Kinerja
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-228/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

 

Marves – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Biro Perencanaan mengadakan Rapat Kilas Balik Kinerja Anggaran Kemenko Marves Tahun 2020 di Jakarta (6-4-2021).

“Melalui kegiatan ini, kita ingin merefleksi pekerjaan kita di tahun 2020. Tahun lalu merupakan tahun yang penuh dinamika karena banyaknya perubahan yang perlu kita adaptasi bersama,” ucap Sekretaris Kemenko Marves, Agung Kuswandono.

Dirinya menjelaskan bawa pada tahun 2020, Kemenko Marves dan seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) lain menghadapi perubahan struktur organisasi. Khusus untuk Kemenko Marves perubahan bermula karena adanya penambahan tugas dan fungsi Kemenko Marves sesuai dengan Perpres No 92 Tahun 2019. Perubahan organisasi berlanjut dengan  adanya penyederhanaan birokrasi yaitu perubahan struktural menjadi fungsional yang tertuang dalam Permenko No.2 dan No.10 Tahun 2020 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). Perubahan tersebut menjadi tantangan besar karena banyak hal yang perlu disesuaikan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenko Marves yang telah bekerja keras bersama-sama untuk bisa membangun kegiatan yang ada di Kemenko Marves sehingga satu persatu tugas dapat diselesaikan dan kemudian satu  persatu prestasi bisa kita capai,” terang Sesmenko Agung.

Pada kesempatan tersebut, Sesmenko Agung menyebutkan sejumlah prestasi yang telah dicapai oleh Kemenko Marves pada tahun 2020, salah satunya yaitu berkaitan dengan kinerja anggaran yang dinilai tertinggi diantara 3 Kementerian Koordinator lainnya serta tertinggi dibandingkan 7 K/L dalam lingkup koordinasi Kemenko Marves. Capaian prestasi ini  tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan No 118/KMK.02/2021 dimana Marves memiliki nilai Kinerja Anggaran sebesar 95,58.

Baca juga:  Pemerintah Susun Sistem Evaluasi Implementasi Kebijakan Kelautan Indonesia

Beberapa prestasi lainnya yang diperoleh di tahun 2020 diantaranya adalah penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM berupa Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Award tahun 2020. Kemudan penghargaan sebagai K/L  dengan Pengelola Anggaran Terbaik kedua dari Kementerian Keuangan.

Kemenko Marves juga mendapatkan anugerah keterbukaan informasi publik pada kategori Kementerian, sebagai Kementerian yang Informatif. Pada Public Relation Indonesia Award 2021, Kemenko Marves juga memenangkan penghargaan pada kategori Kementerian Terpopuler di Media Cetak 2021.

Pada awal tahun 2021 ini, Kemenko Marves juga mendapatkan penghargaan oleh Merdeka Award pada kategori Program Inovatif Kementerian Saat Pandemi Covid-19.

Pada tahun lalu juga, Kemenko Marves mendapatkan Penghargaan Kearsipan Tahun 2019 dengan penilaian Memuaskan. Pada unit  pengawasan, Kemenko Marves juga mendapatkan penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai Kementerian dengan tingkat Penyelesaian Tindak Lanjut Tertinggi yaitu sebesar 98%.

“Terkait dengan penghargaan kearsipan, Saya ingin kedepan pengelolaan arsip bukan sekedar bongkar-membongkar dokumen arsip, tapi menjadi klik meng-klik, menjadi terdigitilisasi. Untuk itu Biro Umum dapat bekerja sama dengan Biro Komunikasi,” ucap Sesmenko Agung.

Baca juga:  Menko Luhut Ajak Anak Muda Ketahui Kerja Pemerintah

“Mengenai prestasi kinerja anggaran, kami (Biro Perencanaan) selalu dibantu oleh semua kawan-kawan dari semua level dan semua unit kerja di Marves. Dimulai dari level eselon 2 yang memiliki data capaian kinerja, kemudian dihimpun di sekretariat kedeputian lalu  disampaikan ke kami untuk diinput dan disampaikan ke Kementerian Keuangan,” terang Kepala Biro Perencanaan, Arif Rahman.

Menurutnya tanpa adanya sinergi yang baik maka tidak akan tercapai prestasi kinerja anggaran sebagaimana yang telah didapatkan saat ini.

“Satu hal yang perlu kita cermati dalam Evaluasi Kinerja Anggaran adalah, adanya komponen efisiensi pada data input aplikasi SMART. Efisiensi ini dinilai bagaimana suatu target itu bisa di capai tapi anggarannya masih tersisa. Artinya tidak dihabiskan semua. Ini satu poin tersendiri, yang akan menjadi bagian dari komponen efisiensi,” jelas Karo Arif.

Menurutnya kedepan Kemenko Marves dapat mengaplikasikan aturan yang tertuang pada Peraturan Presiden No.42 Tahun 2020 yaitu dengan menerapkan reward kepada unit yang berkinerja tinggi dan punishment kepada unit yang tidak efektif serta efisien dalam menggunakan anggaran.

Baca juga:  Kemenko Maritim Fasilitasi Uji Kompetensi Pemandu Geowisata Pertama di Indonesia

“Jadi kalo kinerjanya kurang dan tidak efisien, bisa jadi kedepannya bisa ada sanksi. Bisa saja diberikan disinsentif, bisa saja di kurangi anggarannya,” tambahnya.

“Saat ini kita memiliki 2 tugas yaitu menjaga prestasi yang sudah kita capai karena menjaga akan lebih sulit dibandingkan dengan meraihnya. Kedua, tahun 2021 ini masih membuka kita untuk mencapai prestasi yang lebih baik,” ucap Sesmenko Agung menekankan tugas yang perlu dilakukan pada tahun 2021 ini.

Kemudian Sesmenko Agung juga berpesan bahwa corporate value Kemenko Marves, yaitu nilai PATEN perlu digaungkan, ditanamkan, dan dilaksanakan dengan baik.

“Untuk itu tolong hal-hal yang sifatnya negatif agar dihilangkan, mari kita pegang value PATEN itu dengan sebaik-baiknya, dengan bekerja dengan hati,” pesannya.

Dalam penutupan sambutannya, Sesmenko Agung berpesan agar tahun 2021 harus lebih baik dari tahun 2020 karena adanya kesempatan di tahun 2021 untuk bisa bekerja lebih baik. Serta agar kekurangan-kekurangan yang ada di tahun sebelumnya harus diperbaiki.

Pada kesempatan yang sama, diadakan pula siraman rohani dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan agar para jajaran Kemenko Marves di tahun 2021 dapat menjalankan amanat dengan baik serta dapat terus mengabdi.

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel