Berita DeputiBeritaDeputi 2

Persiapan Harnus 2020, Kemenko Marves Tinjau Kab. PPU Balikpapan

Dibaca: 67 Oleh Senin, 12 Oktober 2020Tidak ada komentar
Persiapan Harnus 2020, Kemenko Marves Tinjau Kab. PPU Balikpapan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, Dalam rangka persiapan Hari Nusantara 2020 (Harnus 2020), Deputi Koordinasi Bidang Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Safri Burhanuddin melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Balikpapan. Diketahui Kabupaten PPU terpilih sebagai tuan rumah di pagelaran yang akan berlangsung pada 13 Desember mendatang ini.

“Jadi kemarin kita melakukan kunjungan ke Kabupaten PPU sebagai tempat perayaan Harnus pada 13 Desember 2020 mendatang. Di kunjungan lapangan ini kami ingin memastikan persiapan mereka sejauh mana dengan tentunya diharapkan dapat menampilkan Kabupaten PPU secara nasional dengan tetap mengindahkan protokol COVID-19 dan tidak membuat kerumunan massa.,” kata Deputi Safri, Senin (12-10-2020).

Terkait protokol COVID-19 tersebut, Deputi Safri menjelaskan, untuk perayaan Harnus 2020 diajukan adanya opsi alternatif yaitu tidak ada pengumpulan massa seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan kata lain secara virtual.

“Diharapkan kegiatan ini dapat disiarkan melalui media televisi dengan durasi kurang lebih 1-2 jam dan puncak acara menampilkan pidato presiden. Pemerintah Daerah PPU diminta berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) untuk menyiapkan bahan tayangan. Perekrutan sutradara dalam pengemasan dapat dilakukan agar tayangan menjadi lebih menarik,” jelasnya.

Baca juga:  Alasan Kemenko Maritim Libatkan Karang Taruna dalam Program GBS

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan Kemenkominfo berperan sebagai Institusi penanggung jawab kegiatan, memfasilitasi ketersediaan akses internet gratis sebagai sarana pendukung, sebanyak mungkin dipromosikan melalui berbagai media, seperti televisi dan media sosial, agar masyarakat luas dapat mengikuti rangkaian acara.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadis KKP) PPU Andi Trasodiharto berharap dengan adanya Harnus nanti, semoga bisa mempromosikan ribuan nelayan yang yang berasal dari 23 desa pesisir di Kabupaten PPU.

“Nelayan di PPU ada ribuan dari 23 desa pesisir yang kami harap dapat dipromosikan melalui Harnus 2020. PPU juga perlu menampilkan kesiapannya sebagai Ibu Kota Negara Baru (IKN) melalui kegiatan ini. Kami punya wisata lokasi yang luar biasa, baik adat/lokal maupun tari-tarian dan jika memungkinkan dapat memaparkan hasil-hasil penelitian terkait kelautan dari perguruan tinggi di Kalimantan Timur. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung usaha wanita nelayan PPU dengan mempromosikan hasil produksi mereka” pungkas Kadis KKP PPU Andi.

Diketahui beberapa rencana kegiatan Harnus 2020 antara lain restorasi/penanaman mangrove serta beberapa lomba-lomba tradisional seperti lomba speed, lomba kelotok/nelayan maupun lomba renang (tentunya sesuai dengan protokol COVID-19). Selain itu, akan ada juga Sailing Pass dan Flying Pass yang diharapkan dapat ditampilkan pula sebagai salah satu atraksi.

Baca juga:  International Forum on Spice Route (IFSR), Meninjau Kembali Jejak Kemaritiman Berbasis Jalur Rempah

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel