Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Persiapan Jelang Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 bersama KRI Dewa Ruci

P_20170930_083416_vHDR_Auto
Maritim-Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) mengadakan Rapat Koordinasi dengan perwakilan TNI Angkatan Laut dan Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya, demi mematangkan persiapan menjelang Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017, yang akan membawa 68 pelajar setingkat SMA dari 34 Provinsi dengan menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci, Kapal latih tiang tinggi yang legendaris dan sudah diakui dunia dalam berbagai ekspedisi mengarungi samudera.
Asisten Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Maritim TB Haeru Rahayu mengatakan, maksud dan tujuan dari diadakannya Rakor ini, diantaranya untuk mempersiapkan sebaik mungkin, kegiatan berlayar dengan Kapal Layar Tiang Tinggi yang relative lebih sulit dan mungkin tidak semua pelajar berpengalaman dengan hal ini. “Saya menyadari ENJ 2017 menggunakan Kapal Layar Tiang Tinggi bagi anak SMU ini mungkin rute yang panjang dan menantang, oleh karenanya seluruh Tim di KRI Dewa Ruci agar betul-betul bisa menjaga Anak-anak ini yang masih berusia sekitar 14-15 tahun. Dibilang muda tidak, dibilang mandiri juga belum, makanya kita ingin menyiapkan diri sebaik mungkin,” ujarnya dalam kata sambutannya dalam Rakor yang digelar di Hotel Discovery, Jakarta, Jumat (13/10).
TB. Haeru  menegaskan ada beberapa poin penting yang mesti diutamakan dalam ENJ 2017 – Dewa Ruci ini, yaitu :
1.   Safety agar diutamakan
2.   Selalu adakan koordinasi yang baik dengan para awak KRI Dewa Ruci
3.   Khusus di Pelabuhan Belawan, Medan. Perlu ada diskusi lebih dalam agar kiranya dapat mengakomodir kegiatan tim pemuda yang ada di Medan.
4.   Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) dikaitkan dengan dua kapal (KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci)  yang akan datang, supaya bisa dikoordinasikan lebih lanjut.
5.   Faktor Kesehatan, diminta kepada para Dokter yang mengemban tugas ini (dr. Bara dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta), agar melakukan pengecekan ulang dan validasi data kesehatan tiap peserta untuk meyakinkan saat berlayar.
6.   Dihimbau kepada setiap institusi yang terlibat, walaupun kegiatan ENJ 2017 ini tidak ada di dalam kalender kerja masing-masing institusi, agar tetap dapat fokus dan melungkan waktunya untuk momen ini demi berkontribusi kepada generasi muda.
7.   Kemenko Maritim tetap  bersinergi dengan berbagai komponen utamanya TNI AL, semoga giat dengan KRI Dewa Ruci ini bisa menjadi suatu awal yang baik untuk bisa menjadi media penyampaian berbagai gagasan dan ide seputar dunia kemaritiman kepada para generasi muda.
Rakor ini dihadiri oleh perwakilan TNI AL, diantaranya Komandan KRI Dewa Ruci, Letkol (Laut) Rahardian, perwakilan PABAN Asisten Operasi Angkatan Laut, Letkol (Laut) Mohamad Lubis, Komandan Lantamal I Belawan, Letkol (Laut) Sembiring, Komandan Pangkalan TNI AL Sabang, Kolonel (Laut) Kiki Salvachdie, perwakilan Pelindo II Lisa Pebrina, perwakilan dari K/L terkait, perwakilan dari BUMN dan pihak Event Organizing yang ditunjuk sebagai penyelenggara acara selama kegiatan ENJ 2017 – KRI Dewa Ruci berlangsung.***
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Foto Siaran Pers Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Persiapan Jelang Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 bersama KRI Dewa Ruci