BeritaFoto

Persiapkan Tahun Anggaran 2023, Kemenko Marves Gelar Bimtek Penyusunan KAK dan RKA-K/L

Dibaca: 111 Oleh Kamis, 14 April 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 04 14 at 2.30.19 PM
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Bandung, Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja (Renja) dan Anggaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Tahun Anggaran 2023, Sekretariat Kementerian Koordinator melalui Biro Perencanaan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA-K/L) pada Rabu-Jumat, 6-8 April 2022 di Bandung, Jawa Barat.

Kepala Biro Perencanaan, Arif Rahman menyampaikan memasuki bulan April 2022 ini, Kemenko Marves sudah melewati beberapa tahapan dari siklus pengelolaan anggaran dengan Kementerian/Lembaga terkait.

“Kita secara internal perlu menyiapkan dokumen usulan Renja 2023, menyesuaikan format Redessain Sistem Perencanaan dan Penganggaran (RSPP) yang terus diperbaharui dan disesuaikan Rincian Output (RO) dan Klasifikasi Rincian Output (KRO) untuk semua unit kerja di Kemenko Marves,” ungkap Karo Arif.

Ia mengingatkan juga kepada unit kerja agar kegiatan yang dilaksanakan tidak keluar dari target RPJMN dan RKP 2023 yang nantinya dijabarkan dalam Rencana Strategis (Renstra) baik Kemenko Marves maupun unit kerja. “Tidak kalah penting kegiatan yang kita laksanakan ini juga menghimpun isu strategis 2022 yang masih lanjut di 2023. Selain itu juga perlu diperhatikan kegiatan yang ada dalam kelompok major project atau target SDGs itu semua harus dihimpun dalam renja 2023,” tambah Karo Arif.

Baca juga:  Serah Terima Jabatan Deputi Havas Kepada Menko Maritim

Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan Rincian Anggaran Biaya (RAB) merupakan dokumen penting yang dibutuhkan dalam proses perencanaan kegiatan dan anggaran seluruh kementerian negara/Lembaga. Output yang dihasilkan adalah tersedianya dokumen KAK dan RAB yang sesuai sebagai dokumen kelayakan pelaksanaan kegiatan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Kemenko Marves. Karo Arif menyampaikan bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam usulan kegiatan yang akan dituangkan menjadi KAK dan RAB.

“Dalam penyusunan KAK dan RAB memenuhi kaidah-kaidah ketentuan yang sudah ada. Hal ini karena setelah adanya surat terkait pagu indikatif dari Kementerian Keuangan, isi substansi dari KAK dan RAB akan menjadi dasar pertimbangan Sesmenko untuk penentuan anggaran masing-masing unit kerja. Sehingga, mohon dalam penyiapan dokumen disiapkan secara lengkap dan sesuai kaidah dan ketentuan yang sudah ada dan jadi pegangan kita untuk besaran distribusi anggaran,” papar Karo Arif.

Dalam bimtek kali ini, Biro Perencanaan mengundang narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk memaparkan terkait Pokok-pokok Penanggaran Tahun 2023 dan juga terkait aplikasi SAKTI. Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Dirhansyah Conbul menyampaikan apresiasi kepada rekan dari DJA yang telah memberikan penjelasan.

Baca juga:  Menko Luhut Terus Dukung Inovasi dan Teknologi Dalam Negeri Demi Kemajuan Bangsa

“Kita ketahui bahwa Kemenko Marves ini memiliki dinamika yang tinggi terkait penganggaran. Setelah pertemuan ini, saya berharap dalam penyusunan RKA-K/L Tahun Anggaran 2023 semakin memenuhi kaidah-kaidah dari DJA,” ungkap Sesdep Dirhansyah.

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Lukijanto juga mengharapkan bimtek ini bisa membantu unit kerja dalam menyusun KAK-RAB yang diperlukan. “Terkait dengan penganggaran ini adalah pekerjaan rutin kita tiap tahun sehingga ada fluktuatifnya. Tadi sudah disampaikan timeline untuk anggarannya dan saya rasa tata laksana yang kita laksanakan bersama sesuai aturan dari Kemenkeu yang harus segera kita lakukan. Melalui bimtek ini, saya harap dapat membantu teman-teman unit kerja dan bisa saling melengkapi dalam membuat KAK ini,” kata Sesdep Lukijanto.

Karo Arif juga mengapresiasi atas penyampaian materi dari rekan-rekan DJA dan berharap dapat membantu unit kerja dalam menyusun baik RKA-K/L ataupun KAK-RAB Tahun Anggaran 2023. “Terima kasih dari DJA Kemenkeu yang sudah berbagi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RKAKL 2023. Saya harap setelah kegiatan bimtek ini, penyusunan KAK dan RAB dapat dilaksanakan secara mandiri dan sesuai ketentuan yang telah disepakati. Kemudian, diharapkan seminggu pasca kegiatan ini, unit kerja dapat mengumpulkan KAK dan RAB secara lengkap,” tutup Karo Arif.

Baca juga:  Pejabat dan Staf PNS di Kedeputian Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Tanda Tangani Perjanjian Kinerja

No.SP-128/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2022

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel