Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Pesona Danau Toba

By 06 Dec 2015 17:57Artikel
tongging-ok

Keindahan Danau Toba dan pemandangan sekelilingnya memang menjadi daya pikat utama yang dimiliki wisata danau terbesar di Indonesia. Danau yang terbentuk dari letusan super volcano (letusan Gunung Api) yang terjadi sekitar 73.000 – 75.000 tahun lalu ini memang memiliki potensi wisata air.

Saat itu 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan GunungToba yang meletus hingga debu vulkanik menyebar keseparuh wilayah Bumi. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai10 kilometer di atas permukaanlaut. Akibatnya, terjadi kematian massal dan kepunahan beberapa spesies mahluk hidup, serta terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya masuk ke zaman es sehingga mempengaruhi peradaban dunia.

Danau dengan luas 1.145 km persegi ini menyajikan pemandangan indah yang menarik perhatian kita untuk mengunjungi dan mengeksplorasinya lebih jauh. Melihat danau Toba seakan-akan kita sedang melihat sebuah lautan. Begitu luasnya danau ini menjadikannya sebagai danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Danau ini juga dinobatkan sebagai danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Selain terbesar, danau ini juga memiliki rekor danau terdalam di dunia, yaitu sekitar 450 meter. Selain luas, danau ini juga unik, karena di tengahnya terdapat sebuah pulau vulkanis yang besarnya hampir sama dengan luas Negara Singapura.

Berenang menjadi salah satu kegiatan yang tak boleh anda lewatkan di danau Toba. Merasakan air danau yang menyegarkan menjadi nilai tambah tersendiri ketika anda berenang di lautan luas Toba ini. Selain berenang, pilihan lainnya yaitu mengelilingi danau ini dengan menyewa perahu layar.

Melihat sunset di danau Toba bisa menjadi pengalaman berbeda yang bisa anda rasakan di sini, apalagi bersama keluarga atau orang terkasih. Menikmati danau Toba tidak cukup sehari? Tenang, fasilitas penginapan sudahbanyak di sana dengan harga yang bervariasi, mulai dari hotel, bungalow, villa dan guesthouse, hingga homestay.

Dengan begitu, anda bisa menyesuaikannya sesuai budget anda. Tempat menginap di sekitar danau Toba sangat nyaman dan bersih. Tak perlu khawatir soal transportasi, karena kini jauh lebih mudah. Dari bandara Kualanamu, pergilah menuju Terminal Bus Pinang Baris Medan.

Dari sana, anda bisa menaiki bus jurusan Parapat yang bisa ditempuh selama 6 jam perjalanan. Ingin lebih nyaman dan cepat? Anda bisa menggunakan mobil travel atau sewa mobil bagi anda yang juga ingin sekalian berkeliling danau Toba.

 

Pulau Samosir.

Pulau unik ini memiliki ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Tak mau kalah dengan danau Toba, Pulau Samosir juga menyimpan keindahan alam yang menarik dan unik. Uniknya, Pulau Samosir memiliki dua danau indah. Mereka adalah Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Keunikan inilah yang membuat kedua danau ini dijuluki “danau di atasdanau”.

Selain itu, anda dapat menemukan pegunungan berkabut, air terjun yang jernih, serta masyarakat peladang yang ramah. Anda juga akan disuguhi peninggalan-peninggalan zaman purbakala seperti kuburan batu dan desa-desa tradisional, rumah tradisional Batak Toba yang unik, kebudayaan kuno masyarakat Toba, makam Raja Sidabutar yang sudah berusia 500 tahun, dan yang paling unik, Patung Sigale-Gale yang bisa menari. Jadi, tertarikkah anda untuk menjelajahi lebih jauh pesona keindahan danau Toba?. Maritim/Dimas

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Siaran Pers Narasi Tunggal Foto Berita Artikel Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pesona Danau Toba