Berita DeputiDeputi 4

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Deputi Nani: “Perempuan Mampu Kuatkan Masa Depan Lingkungan Berkelanjutan di Indonesia,”

Dibaca: 10 Oleh Selasa, 9 Maret 2021Tidak ada komentar
Rayakan Hari Perempuan Internasional, Deputi Nani: “Perempuan Mampu Kuatkan Masa Depan Lingkungan Berkelanjutan di Indonesia,”
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-154/HUM/ ROKOM/SET.MARVES/III/2021

Marves – Jakarta, Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Nani Hendiarti menjadi salah satu pembicara dalam Webinar yang diselenggarakan oleh Change.org Indonesia. Mengusung tema “Memperkuat Kepemimpinan Perempuan untuk Menjaga Masa Depan Lingkungan Berkelanjutan di Indonesia,” Deputi Nani mengatakan bahwa kontribusi nyata perempuan dalam pembangunan telah diakui oleh dunia internasional maupun Pemerintah Indonesia.

“Perempuan mempunyai peranan yang vital dalam menjaga lingkungan dan kehutanan, baik sebagai pengambil kebijakan, politisi, akademisi, penggiat komunitas hingga ibu rumah tangga,” tegasnya. Pengarusutamaan Gender dalam SDGs dan RPJMN 2020 – 2024 menjadikan perempuan sebagai bagian yang begitu penting, khususnya untuk memimpin di semua tingkatan pengambilan keputusan baik dalam kehidupan politik, ekonomi, dan masyarakat. Tidak hanya itu, dunia pun menaruh perhatian yang begitu besar pada Isu Gender, Dan Deputi Nani menjadikan Paris Climate Agreement yang telah diratifikasi menjadikan Indonesia menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, khususnya pemberdayaan perempuan.

Baca juga:  Mudik Asyik Bareng Kemenko Maritim

Terus mengawal berbagai Program Prioritas Strategis seperti Program Rehabilitasi Mangrove Nasional, Pemanfaatan Limbah FABA dan Penanganan Sampah Laut, Pilot Project Perhutanan Sosial Kabupaten Lumajang dan Belitung, Penyusunan Perpres Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon untuk Pencapaian Target NDC, serta Program Food Estate Sumatera Utara, Deputi Nani membuktikan bahwa kepemimpinan seorang perempuan memberikan dampak yang positif. Deputi Nani juga telah pula melakukan Kerjasama dengan berbagai sektor, dan menekankan bahwa Kerjasama tim juga merupakan kunci dari keberhasilan suatu program.

“Perempuan adalah agen perubahan, seorang coach, seorang manajer, seorang pengambil keputusan, sosok yang Tangguh, dan memiliki naluri dan memiliki pengetahuan mengenai local wisdom dalam merawat alam dan lingkungan,” tutur Deputi Nani. Sebagai salah satu unit kerja Eselon I baru, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan pada tahun 2020 mendapatkan dua penghargaan di tingkat kementerian dan tingkat nasional. Hal ini membutikan bahwa sebagai seorang perempuan, Deputi Nani mampu menjunjung tinggi akuntabilitasnya dalam kepemimpinan.

Deputi Nani menekankan bahwa pemerintah melalui berbagai program juga harus terus melibatkan perempuan dan melakukan pemberdayaan untuk menciptakan inklusifitas. Hal ini mampu memberikan keadilan dan kesetaraan bagi seluruh perempuan di Indonesia. Deputi Nani juga menekankan bahwa kini melalui platform media sosial, isu lingkungan dan kehutanan juga mampu menjadi salah satu Gerakan perubahan sosial yang masif dan signifikan bila terus digaungkan.

Baca juga:  Seluruh Tata Kelola Kemenko Marves Segera Bertransformasi Menjadi Tata Kelola Digital Berbasis Elektronik

Tidak lupa berpesan kepada seluruh perempuan, deputi Nani mengatakan “Perempuan tidak boleh takut untuk melakukan sesuatu dan mengambil keputusan. Jangan pula takut untuk mengutarakan sesuatu, jika memang kondisi tidak memungkinkan untuk kita lakukan kita harus mengutarakannya. Kerjasama tim juga mampu menjadi amunisi paling baik dalam mencapai tujuan bersama,”.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel