Penguatan Implementasi Reformasi BirokrasiArtikel

Reformasi Birokrasi, Biro Hukum Kemenko Marves Beri Penghargaan Bagi Pegawai Terbaik

Dibaca: 96 Oleh Selasa, 23 Juni 2020Tidak ada komentar
Reformasi Birokrasi, Biro Hukum Kemenko Marves Beri Penghargaan Bagi Pegawai Terbaik
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves-Jakarta, Biro Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap kinerja terbaik pegawai Biro Hukum. Acara digelar di Ruang Rapat Lantai 4 Kemenko Marves, Selasa (23-06-2020), dipimpin oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Agung Kuswandono.

Dalam sambutannya, Sesmenko Agung memberikan apresiasi kepada Biro Hukum Kemenko Marves yang telah menginisiasi kegiatan yang digelar dalam rangka reformasi birokrasi. Dia meminta, kegiatan serupa juga dilakukan oleh seluruh Eselon II.

“Yang saya inginkan adalah ambil sisi positif dari kegiatan ini. Laksanakan di masing-masing Eselon II dan saya perintahkan seluruh pejabat Eselon II untuk membuat acara ini di level Setmenko. Nanti berikutnya kita akan buat di level Kemenko,” kata Sesmenko Agung.

Kapada para pegawai terbaik penerima penghargaan, Sesmenko Agung meminta agar gelar itu dijaga. Ibarat petinju, Sesmenko Agung mengatakan, mempertahankan gelar juara di atas ring jauh lebih berat daripada saat meraihnya. Sesmenko Agung menekankan, situasi persaingan memperoleh gelar juara ini harus dibangun dalam konteks memajukan organisasi.

Baca juga:  Bantuan 40 Ton Alat Kesehatan untuk Penanganan Covid-19 Tiba di Indonesia Dini Hari Nanti

“Selamat kepada kawan-kawan yang telah ditetapkan sebagai yang terbaik. Kalau sudah terbaik, statusnya jauh lebih berat karena berikutnya dia harus menjaga. Seperti petinju, dia akan berat kalau sudah menang lalu menjaga pertandingan untuk menjaga gelar juaranya. Teman-teman lain yang belum dapat juara pasti berusaha keras untuk menjatuhkan,” ucap Sesmenko Agung.

Dalam kesempatan itu, Sesmenko Agung menekankan pentingnya inovasi dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat. Hanya orang yang adaptif yang mampu bertahan dalam suatu perubahan. Karenanya, lanjut Sesmenko Agung, pihak kementerian akan memberikan fasilitas yang menunjang para pegawai untuk berinovasi.

“Apa yang dilakukan Biro Hukum ini pancingan yang bagus. Jadi ke depan para Kepala Biro dan Inspektur tolong siapkan kegiatan semacam reward untuk level Setmenko. Dan jangan takut kalau inovasi anda dichallenge dan kemudian kalah. Tidak ada kalah dan menang. Kalau anda sudah bergerak itu sudah menang. Jangan mengejar awardnya, tapi kita kejar kegiatan untuk kembangkan kemampuan kita,” ucap Sesmenko Agung.

Empat Kategori Pegawai Terbaik

Kepala Biro Hukum Kemenko Marves, Budi Purwanto mengatakan kegiatan pemberian penghargaan terhadap kinerja terbaik pegawai Biro Hukum ini adalah tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2019 yang memberikan rekomendasi agar Kemenko Marves menerapkan penilaian kinerja individu yang sesuai dengan kinerja organisasi dan hasil pengukuran kinerja individu sebagai dasar pemberian reward and punishment.

Baca juga:  Catatan Luhut B.Pandjaitan: Apa yang Terjadi dengan Rupiah?

“Saya sebagai orang tua di Biro Hukum tentunya akan memberikan apreaiasi kepada para pegawai yang terus melakukan kinerja terbaik, memberikan apresiasi dan memberikan tauladan khusunya di lingkungan Biro Hukum sendiri,” kata Karo Hukum Budi saat memberikan sambutan.

Selain memberikan penghargaan, Biro Hukum juga telah memberikan punishment. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga keseimbangan kinerja di kalangan pegawai. “Dalam arti punishment untuk membangkitkan, mengingatkan supaya kinerja terbaik terus dilakukan oleh para pegawai di lingkungan Biro Hukum,” imbuh Karokum Budi.

Ada empat kategori penghargaan yang diberikan kepada pegawai terbaik di Biro Hukum. Pertama, kategori pegawai inovatif. Kriteria tersebut meliputi, menciptakan inovasi baru yang menunjang peningkatan pelayanan di Biro Hukum. Inovasi berupa aplikasi berbasis IT berbiaya murah, bisa dimanfaatkan oleh lebih dari satu orang dan digunakan secara terus-menerus.

Kedua, kategori pegawai inspiratif, dengan kriteria mampu menjadi role model perubahan yang akan jadi contoh bagi pegawai lain dalam bekerja. Pegawai merupakan pemantik perubahan di unit kerja dan mampu menciptakan budaya kerja yang baik.

Baca juga:  Menko Luhut: Pembangunan Destinasi Wisata Indonesia Tidak Boleh Melupakan Kebersihan Lingkungan

Ketiga, kategori pegawai kreatif, dengan kriteria mampu memberikan solusi atas masalah, meberikan ide baru untuk peningkatan pelayanan khususnya di Biro Hukum, dan mampu membangkitkan konsep baru serta adaptif terhadap perkembangan baru.

Keempat, kategori pegawai terdisiplin. Dengan kriteria, tertib waktu kehadiran, dispilin dan patuh pada peraturan kantor, serta disiplin selesaikan tanggungjawab pekerjaan.

Karokum Budi mengatakan, penjurian dilakukan oleh empat Kepala Bagian di Biro Hukum. Para peserta terlebih dahulu mendemonstrasikan inovasinya dan para juri telah memilih beberapa orang yang telah melakukan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi organisasi.

“Melalui penghargaan ini, harapannya Biro Hukum bisa menjadi pemantik bagi biro lain di Kemenko Marves,” tutupnya.

 

Reformasi Birokrasi, Biro Hukum Kemenko Marves Beri Penghargaan Bagi Pegawai Terbaik

 

Reformasi Birokrasi, Biro Hukum Kemenko Marves Beri Penghargaan Bagi Pegawai Terbaik

 

Reformasi Birokrasi, Biro Hukum Kemenko Marves Beri Penghargaan Bagi Pegawai Terbaik

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel