Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Rizal Ramli Minta Proyek Migas Blok Natuna Di-‘review’ Lagi

By 30 Jun 2016 05:53Berita
3.Menko Maritim dan SD Rizal Ramli saat dialog di DBS di Beritasatu studio

Maritim – Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli meminta supaya dilakukan ‘review’ mana proyek migas yang betul-betul mandek total di Blok Natuna.

Sampai saat ini, tercatat 15 blok pengelolaan sumber daya alam gas dan minyak bumi di wilayah tersebut mandek.

“Ada yang hanya mandek sementara karena harga lagi turun. Blok migas yang mandek sementara kita akan dorong supaya dipercepat,” kata dia usai rapat terbatas di Istana Negara, Rabu siang (29/6).

Yang mandek total, sambung dia, lebih bagus diambil alih Pemerintah dan dibuka kesempatan kepada pemain baru.

Salah satu ladang yang besar sekali disitu adalah Gas Natuna Timur, itu cadangannya empat kali Masela. Tetapi ada negatifnya, 70% dari gas itu CO2. Jadi harus dipisahkan dulu CO2-nya dan mahal.

“Tadinya ini dikuasai oleh konsorsium asing, Exxon dan lainnya, untuk sementara Pertamina kita minta untuk mengkoordinasikan dahulu, dan selanjutnya para pemain nasional yang lain akan diikutsertakan, pada saat harga minyak sekarang yang sudah mulai naik sedikit,” sambungnya.

“Mungkin tahun depan sudah bisa ke USD 60-USD70. Pada saat itulah investasi dan eksplorasi di bidang ini menarik. Esensinya, kita mau daerah Natuna itu jadi tempat untuk ‘proccessing’ gas dan industri termasuk peralatannya,” tandas dia.

(Arp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Deputi Berita Foto Narasi Tunggal
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Rizal Ramli Minta Proyek Migas Blok Natuna Di-'review' Lagi