Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Rizal Ramli Motivasi Anak Muda Ambon

By 28 May 2016 12:58Berita
RR Unpati10

Maritim – Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memotivasi anak muda Maluku. Setelah semalam melakukan motivasi di Jambore Pramuka Tingkat Madrasah, hari ini (Sabtu (28/5), RR, sapaannya, mulai memberi kuliah umum di Kampus Universitas Pattimura, Ambon.

Sejak dulu, kata Rizal Ramli, Maluku memiliki putra-putri yang mumpuni. Di antaranya eks Waperdam J. Leimena. Dan banyak lagi yang lainnya. Anak muda Maluku saat ini jangan kalah dengan para pendahulu.

Pendidikan yang baik akan mendukung pembangunan di Maluku. Selain itu, dibutuhkan juga persaudaraan warga Maluku demi pembangunan yang adil dan beradab. “Semua elemen harus bersatu dan membuang segala perbedaan,” kata Menko Rizal.

‘Spirit’ lain yang juga wajib dipenuhi adalah semangat kompetisi yang sehat. Tapi, yang harus dicatat, tidak perlu pakai ‘baku pukul’.

“Kita perlu adakan kompetisi antar kampung, antar universitas, kabupaten, kota. Ini dilakukan untuk menciptakan manusia yang unggul yang memiliki keahlian. Dengan kompetisi yang sehat kita akan mendapatkan yang terbaik, dan kita akan jadi bangsa pemenang,” bebernya.

RR, sapaan Rizal kemudian teringat akan filosofi Maluku yang memiliki makna yang sangat dalam. Sagu selempeng dibagi dua, walaupun sagunya sedikit tetap kita bagi dua. Lalu ada juga ujung kuku luka daging tersakiti.

“Kalau saudara-saudara tersakiti, saya juga merasakan sakitnya. Kalau saudara-saudara di Maluku mengalami kepahitan dan kesedihan, saya juga merasakan kepahitan dan kesedihannya. Tapi, kalau saudara-saudara di Maluku bahagia dan gembira, saya ikut bahagia dan gembira,” Ia melanjutkan.

“Kalau filosofi ini bisa diterapkan, kita ngga akan berkelahi lagi soal agama, suku, kabupaten, antar kampung. Kita harus berhenti berkelahi, tetapi kita harus tetap membuat kompetisi yang sehat untuk mendapatkan yang terbaik dan kita akan jadi bangsa pemenang,” tutupnya.

(Odd/Arp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Artikel Berita Deputi Narasi Tunggal Siaran Pers
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Rizal Ramli Motivasi Anak Muda Ambon