Artikel

Rizal Ramli: Proyek Reklamasi Memang Beresiko

Dibaca: 127 Oleh Senin, 18 April 2016April 25th, 2017Tidak ada komentar
Rizal Ramli: Proyek Reklamasi Memang Beresiko
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Muncul kekhawatiran soal bencana ekologis jika reklamasi tetap dilakukan di pantai utara Jakarta. Salah satunya adalah soal banjir.

Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, memang potensi resiko dalam proyek reklamasi ada, dan harus diminimaliasir hal tersebut.

“Misalkan ada kekhawatiran banjir. Tapi ada ilmu untuk itu (tidak terjadi banjir). Kalau ada resiko bencana lingkungan hidup, seperti banjir dan lain sebagainya, disampaikan secara teknis (penanggulangannya),” sambung dia dalam rakor lintas instansi soal reklamasi Teluk Jakarta di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Senin (18/4).

Intinya reklamasi adalah salah satu pilihan, memang ada manfaatnya, tapi ada resikonya. Lalu soal aspek hukum. Memang ada bolong-bolong dalam peraturan reklamasi. Ada UU 27/2007 kemudian direvisi tahun 2014, lalu kemudian ada Perpres 2012 dan sebagainya. Kata Rizal, tentu kalau bahas tidak akan habis.

“Lalu mana yang lebih penting. UU paling tinggi, tentu tidak menafikan hal-hal tertentu yang ada di UU tersebut,” Rizal menambahkan.

Baca juga:  Menko Luhut Minta Jaksa Agung Tindak Tegas Perusahaan Pencemar Citarum

(Arp)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel