Berita Deputi

Sail Nias 2019, Harapan Untuk Nilai Tambah Pariwisata

Rakor Sail Nias 20190725 1
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Manusia, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Budaya Maritim, Safri Burhanudin menghadiri rapat koordinasi terkait dukungan kebutuhan Kementerian/Lembaga untuk Penyelenggaran Sail Nias 2019 digelar di Jakarta, Kamis (25/07/2019).

Deputi Safri lantas mengingatkan pentingnya SOP evakuasi, agar tidak perlu adanya kepanikan dan juga kebersihan di pantai tetap terjaga selama dua sampai tiga hari sebelum acara. Evacuation Plan sudah disiapkan oleh Panglima TNI serta Basarnas menyatakan kesediaannya untuk mendukung kelancaran kegiatan Sail Nias.

“Dalam hal ini Nias dan kepulauan Mentawai dinilai sangat penting adanya SOP evakuasi karena wilayah tersebut dinilai masih rawan bencana. Kemenko Bidang Kemaritiman memandang ini sangat penting karena erat kaitannya dengan sektor pariwisata kita,” Ujar Deputi Safri.

Rakor Sail Nias 20190725 6

  Deputi Safri pada rapat koordinasi Sail Nias

Kemudian, penyampaian perkembangan persiapan pelaksanaan dipaparkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly, yang menyatakan, koordinasi untuk kegiatan Sail nias yang akan dilaksanakan pada 14 September 2019 sudah dibentuk.

“Maka dari itu saat ini kami ingin koordinasi yang lebih lengkap lagi dan finalisasi dari dukungan setiap Kementerian atau lembaga” ungkap Menteri Yasonna.

Lebih lanjut, ada pula pengarahan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya, terkait beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah bandara sebagai gerbang utama di Pulau Nias.

“Fasilitas seperti bandara haruslah yang berkelas internasional mengingat Nias merupakan satu pulau tersendiri. Setelah acara Sail Nias ini harus ada yang bisa dikomersilkan dan yang paling memungkinkan adalah surfing. Mengingat alokasi sumberdaya kita terbatas maka kita harus fokus,” tambah Menteri Arief.

Adapun, rapat koordinasi ini merupakan rapat lanjutan dari beberapa rapat sebelumnya yang telah dilaksanakan. Telah banyak progress yang dicapai oleh Bidang-bidang penyelenggara rangkaian acara Sail Nias 2019 dan pada rapat ini telah diundang Kementerian/Lembaga yang diharapkan dapat memberikan dukungan yang lebih optimal bagi suksesnya penyelenggaraan Sail Nias 2019. Pada tanggal 18 Juli 2019 panitia telah mengirimkan surat Permohonan Kesediaan Bapak Presiden Republik Indonesia untuk hadir pada Puncak Acara Sail Nias 2019 di Teluk dalam Nias Selatan.

Rakor Sail Nias 20190725 4

 Perwakilan TNI

 

Rakor Sail Nias 20190725 2

 Deputi Safri dengan Sekjen Bambang

 

 

Biro Perencanaan dan Informasi

Kemenko Bidang Kemaritiman

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel