ArtikelBeritaBerita DeputiSiaran Pers

Sambut Era New Normal, Kabupaten Anambas Terapkan Sistem Infrastruktur Digital

Dibaca: 53 Oleh Senin, 15 Juni 2020Juni 16th, 2020Tidak ada komentar
Sambut Era New Normal, Kabupaten Anambas Terapkan Sistem Infrastruktur Digital
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, Dalam rangka menghadapi masa pandemi COVID-19 atau Virus Corona di era New Normal, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menerapkan sistem Infrastrukur Digital di Kepulauan Anambas. Hal itu diungkapkan dalam Rakor Virtual mengenai Pengembangan TIK di Kabupaten Kepulauan Anambas, Riau, Pada Senin (08/06).

“Infrastruktur Digital akan menjadi acuan baru di masa New Normal terutama di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), salah satunya di Kabupaten Anambas,” kata Asisten Deputi (Asdep) Industri Pendukung Infrastruktur Kemenko Marves Yudi Prabangkara.

Mengenai Infrastruktur Digital, Asdep Yudi menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas siap memfasilitasi dan menyesuaikan program kerja yang sudah dan akan dilaksanakan serta siap mendukung perizinan Pemerintah Daerah dan meminta list apa-apa saja yang dibutuhkan dari segi perizinan yang dapat didukung.

“Selain itu, Bappenas akan menyusun RKP 2021 dan akan memprioritaskan daerah 3T, pihak Kabupaten Kepulauan Anambas meminta percepatan agar segera rampung program kerja yang dilaksanakan,” ujarnya.

Saat ini, Asdep Yudi memaparkan, setidaknya sudah terbangun 102 titik akses internet, sudah terbangun 49 BTS dan 90% wilayah di Kabupaten Kepulauan Anambas sudah tercover dengan fiber optic. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah mengeluarkan Surat Rekomendasi berupa akses ke lokasi selama masa pandemi covid-19 dan pihak Operator meminta untuk penyediaan transportasi/transmisi untuk on air BTS di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Baca juga:  Menko Luhut : Indonesia Adalah Keajaiban Modal Alam Dunia

“Kominfo akan membuat format acuan baku untuk data yang akan di isi oleh pihak-pihak terkait agar seragam dan mengkoordinir time schedule program kerja di Kabupaten Kepulauan Anambas. Sementara untuk menjaga keamanan nantinya, Kemenkopolhukam meminta segera merampungkan infrastruktur digital karena dianggap penting untuk menjaga daerah kedaulatan negara khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas karena merupakan daerah perbatasan yang sedang konflik dengan negara tetangga,” ungkapnya.

Dalam hal ini, lanjut Asdep Yudi, pihak Telekomunikasi juga telah bekerjasama dengan Telkom untuk merubah satelit agar kualitas jaringan lebih baik. Perlu diketahui ada beberapa operator yang harus diikutsertakan dalam pengembangan jaringan di Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu Indosat (2G), XL (4G), Smartfriend (4G).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel