BeritaFotoSiaran Pers

Sambut Hari Maritim Nasional Ke-57, Kemenko Marves Adakan Pekan Literasi Maritim 2021

Dibaca: 99 Oleh Kamis, 16 September 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 09 16 at 11.31.04 4
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-577/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IX/2021

Marves – Jakarta, Untuk kembali mengingatkan masyarakat mengenai Hari Maritim Nasional, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengadakan kick off Peringatan Hari Maritim Nasional ke-57 secara virtual di Jakarta, Pada Hari Kamis (16-9-2021).

Kegiatan yang menandai dimulainya peringatan Hari Maritim Nasional tersebut adalah  Pekan Literasi Maritim 2021.  Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan tercipta SDM yang unggul melalui penguatan literasi generasi muda terkait berbagai pengetahuan kemaritiman Indonesia. Pada hari pertama Pekan Literasi Maritim ini, telah diadakan public lecture bersama Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves) Agung Kuswandono dan Direktur Utama (Dirut) PT Balai Pustaka Achmad Fahrodji. Melalui public lecture ini, kedua narasumber kembali mengingatkan pentingnya literasi secara umum dan literasi kemaritiman secara khusus karena Indonesia memiliki sejarah kemaritiman yang kuat.

“Indonesia ini memiliki potensi kemaritiman yang besar, Allah SWT telah mengaruniakannya kepada kita. Walau begitu, kita belum sadar atas karunia ini. Untuk itu, kesadaran akan potensi maritim yang besar perlu diperkuat lagi melalui literasi kemaritiman, supaya kita mampu memanfaatkan potensi alam kita lebih baik lagi,” ujar Sesmenko Agung.

Baca juga:  Pembangunan KEK Pariwisata Mentawai Harus Bisa Memberdayakan Masyarakatnya

Menanggapi Sesmenko Agung, Dirut PT Balai Pustaka Fachrodji mengatakan bahwa gerakan literasi secara umum memang sudah digencarkan sejak tahun 2018. Balai Pustaka sendiri sudah berusaha melakukan berbagai cara dalam peningkatan literasi di Indonesia secara umum.

“Berbagai cara sudah kami lakukan untuk terus meningkatkan literasi bagi generasi muda, bahkan sejak dini di Indonesia. Kita sudah coba mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan TBM digital. Selain itu telah dibuatkan juga beberapa media lainnya untuk meningkatkan literasi generasi muda melalui platform digital yang berisi audio book,  film animasi, film layar lebar, hingga sinetron,” papar Dirut Fachrodji.

Kembali menjelaskan keterkaitan antara peningkatan literasi untuk generasi muda dan pemanfaatan potensi maritim, Sesmenko Agung menjelaskan mengenai berbagai program pemerintah yang sudah dijalankan untuk terus meningkatkan potensi maritim. Beberapa diantaranya seperti pencanangan jargon “Ayo Makan Ikan” untuk terus memacu konsumsi ikan di Indonesia sehingga mampu mencegah angka stunting dan gizi buruk yang masih tinggi di Indonesia. Selain itu, terus memaksimalkan potensi wisata bahari melalui wisata sejarah, budaya, hingga ekowisata di Indonesia.

Baca juga:  Menko Marves Luhut Rapat Terkait Perkembangan Rencana Pelaksanaan MotoGP

“Pemanfaatan potensi maritim ini semuanya bisa dilakukan dan sudah berjalan, ini semua dapat kita lakukan dengan memahami potensi yang ada, dengan terus memperkaya diri melalui literasi kemaritiman Indonesia,” tegas Sesmenko Agung.

Penting dalam pemanfaatan potensi maritim dilaksanakan secara bersamaan dengan adanya peningkatan literasi secara umum dan literasi kemaritiman secara khusus.

Dalam rangkaian peringatan Hari Maritim Nasional, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain resensi film bertema kemaritiman, FGD Budaya Maritim, hingga pidato kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo pada acara puncak tanggal 23 September 2021.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel