Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Sektor Pariwisata Akan Jadi Nomor Satu

By 16 Mar 2016 21:05Berita
rr pulman

Maritim – Indonesia memiliki destinasi wisata yang menarik. Dan saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengembangkan 10 destinasi wisata yang menjadi fokus utama. Di 10 destinasi pariwisata ini dialokasikan juga anggaran cukup besar setiap tahunnya untuk pengembangan infrastruktur dan lain sebagainya.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli saat memberikan pemaparan pada seminar Belgium-Indonesia Maritime Summit di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (16/3).

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti beserta Putri Astrid dari Belgia.

Pemerintah Joko Widodo, sambung Rizal, menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 20 juta kunjungan pada 2019.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah melakukan banyak strategi. Di antaranya memberikan bebas visa kepada lebih dari 60 negara baru.

“Kami yakin dalam 10 tahun ke depan sektor pariwisata akan menjadi nomor satu di Indonesia,” ucap Rizal.

Rizal juga menyampaikan pemerintah Indonesia juga membuka kesempatan kepada asing untuk berinvestasi lebih di sektor pariwisata, seperti di kapal pesiar, bahkan pengoperasian pelabuhan.

Saat ini, ada guyonan yang muncul terkait pariwisata nasional, seberapa pun anggaran yang besar  untuk pariwisata, tapi tetap saja Bali yang paling terkenal.

“Terkadang popularitas Bali lebih tinggi dibandingkan Indonesia sendiri,” ungkap Rizal yang disambut tawa hangat oleh peserta yang terdiri perwakilan diplomatik Belgia, pengusaha, media, dan kementrian.

(Maritim/Glh/Arp)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sektor Pariwisata Akan Jadi Nomor Satu