Siaran PersPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

SELEKSI CPNS KEMENKO MARVES

Dibaca: 84 Oleh Rabu, 2 September 2020September 22nd, 2020Tidak ada komentar
SELEKSI CPNS KEMENKO MARVES
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS 

No.SP-126/HUM/ROKOM/SET-MARVES/VI/2020

Marves – Jakarta, Pemerintah akan melanjutkan kembali tahapan seleksi calon pegawai negeri (CPNS) yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Seleksi CPNS ini akan dilaksanakan secara Nasional pada September 2020 hingga awal Oktober 2020.

Sinyal positif ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo melalui surat edaran yang meminta kementerian / lembaga dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan lanjutan tahapan seleksi.

Terkait hal ini, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Arif Rahman menyatakan dukungannya. “Kita perlu apresiasi upaya Kemenpan RB dalam penyelenggaraan tes seleksi CAT SKB ini,” ujar dia. Dengan situasi pandemi COVID 19 yang belum berakhir, dia menjelaskan bahwa tes akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu sistem seleksi akan dilakukan secara transparan. “Seleksi berlaku obyektif, semua pihak dapat memonitor secara online sehingga dapat terhindar dari KKN, tegas Kabiro Arif. Dengan format seperti itu, menurutnya akan mampu memunculkan nama-nama kandidat terbaik yang bisa diusulkan untuk diterima sebagai CPNS di Kemenko Marves.

Baca juga:  Menko Luhut: Limbah Plastik Salah Satu Agenda Prioritas Nasional Kami

Lebih detil, ada beragam rangkaian tahapan yang harus dijalani dalam proses seleksi CPNS. Pertama, peserta perlu melakukan tahapan pendaftaran dan registrasi secara online. Setelah melalui tahapan tersebut, akan dilakukan seleksi administrasi berdasarkan berkas yang sudah dikumpulkan pada saat pendaftaran online. Selanjutnya tahapan yang harus dilalui ialah seleksi Kemampuan Dasar sesuai dengan sistem seleksi nasional. Setelah itu, peserta seleksi CPNS akan mengikuti pelaksanaan Seleksi Kemampuan Bidang atau SKB.

Lokasi pelaksanaan SKB ini bertempat di kantor BKN daerah yang dipilih oleh para peserta seleksi dan diharapkan merupakan lokasi yang lebih dekat dengan domisili para calon CPNS.

Sementara itu untuk seleksi SKB CPNS Kemenko Marves akan dilaksanakan di beberapa kota, yaitu : Banda Aceh, Medan, Serang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin dan Makassar.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel