ArtikelBeritaFotoSiaran Pers

Selenggarakan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai, Sesmenko Marves : Hasil Penilaian Kinerja Ini Jadi Dasar Pengembangan Karir PNS

Dibaca: 448 Oleh Sabtu, 15 Januari 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 01 15 at 3.36.24 PM 2
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Siaran Pers
No.SP-7/HUM/ROKOM/SET.MARVES/I/2022

Marves–Bandung, Dalam melaksanakan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dituntut untuk dapat mencapai kinerja individu dan organisasi. Sebagai landasan pengembangan Sumber Daya Manusia, khususnya Aparatur Sipil Negara, setiap tahunnya kinerja tersebut harus dapat diukur dengan baik. Oleh karena itu, Sekretariat Kementerian Koordinator melalui Biro Umum menyelenggarakan tindak lanjut penyusunan dan penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di lingkup Kemenko Marves pada Jumat-Minggu, 14-16 Januari 2022 di Bandung, Jawa Barat.

“Penilaian Kinerja sangat penting bagi PNS. Sebab, hasil penilaian kinerja ini menjadi dasar bagi pengembangan karir PNS (mutasi, promosi, maupun pengembangan kompetensi), penempatan pegawai pada talent pool, pemberian tunjangan kinerja yang berbasis pencapaian kinerja, pemberian penghargaan bagi pegawai, maupun pengenaan sanksi bagi pegawai yang tidak mencapai target kinerja yang ditetapkan,” kata Sesmenko Ayodhia G.L Kalake dalam sambutannya membuka acara tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS dan Permen PANRB No. 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS, tujuan dari Penilaian Kinerja ini adalah untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi dan sistem karier. Penilaian Kinerja sendiri adalah suatu proses dalam rangkaian Sistem Manajemen Kinerja PNS.

Baca juga:  Menko Luhut Tekankan Pentingnya Pengambilan Keputusan yang Tepat dalam Penanganan Pandemi Covid-19

“Oleh karena itu, diharapkan pegawai yang hadir dalam kegiatan ini dapat menyimak penyampaian dari narasumber secara sungguh-sungguh dan dapat secara aktif bertanya apabila ada hal-hal yang memerlukan penjelasan lebih lanjut,” lanjut Sesmenko Ayodhia.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Biro Umum, Hardino menyampaikan kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari Bimbingan Teknis Penyusunan SKP yang telah dilaksanakan sebelumnya pada pada tanggal 16 September s.d. 11 Oktober 2021 melalui daring. Adapun Penyusunan SKP kali ini akan diikuti dengan Penilaian SKP dengan format baru sesuai peraturan baru yaitu PP No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS dan diturunkan lebih teknis pada Permen PANRB No. 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS.

“Langkah awal Penyusunan SKP adalah melakukan Penyusunan Rencana SKP secara berjenjang dari pejabat pimpinan tinggi, atau pejabat pimpinan unit kerja mandiri ke pejabat administrasi dan pejabat fungsional dengan memperhatikan tingkatan jabatan pada Instansi Pemerintah. Selanjutnya Penyusunan SKP dilakukan melalui dialog antara pegawai dengan pejabat penilai kinerja dan/atau pengelola kinerja/tim pengelola kinerja, dan wajib mencerminkan penyelarasan dan penjabaran sasaran Kinerja organisasi dengan penyusunan Rencana Kerja Tahunan Instansi Pemerintah dan Perjanjian Kinerja,” papar Hardino.

Baca juga:  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Pasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi

Sistem Penilaian SKP PNS saat ini sangat jauh berbeda dengan Sistem Penyusunan dan Penilaian SKP pada PP Nomor 46 Tahun 2011. Peraturan yang baru tentang Penyusunan dan Penilaian SKP ini, lebih memperjelas peran, tugas, dan tanggung jawab pegawai dalam pencapaian tujuan dan sasaran organisasi, tidak hanya itu saja Penyusunan SKP Individu PNS harus selaras dengan kinerja organisasi sehingga penyusunannya tidak lagi dilaksanakan di akhir tahun tetapi harus dilakukan pada awal tahun berjalan selaras dengan penyusunan Perjanjian Kinerja.

Sesmenko Ayodhia menyampaikan harapan, agar melalui acara ini dapat membantu penyusunan SKP yang menjadi hal wajib dan rutin setiap tahun untuk dilaksanakan seluruh ASN. “Setiap pegawai wajib menguasai cara penyusunan SKP dengan format baru ini, sehingga mempermudah Bapak/Ibu ketika akan menyusun SKP tahun 2022. Setelah kegiatan ini selesai, diharapkan para pegawai dapat menyelesaikan SKP 2021 selambat-lambatnya pada akhir bulan Januari 2022. Selanjutnya, pada bulan Februari 2022, targetnya adalah para pegawai sudah mulai menyusun rencana SKP 2022 setelah Perjanjian Kinerja masing-masing unit kerja dirampungkan,” tutup Sesmenko Ayodhia.

Baca juga:  Perkuat Target Kinerja Tertinggi, Kemenko Marves Refleksi Capaian Kinerja

Plh Karo Umum, Hardino melaporkan bahwa kegiatan ini dihadiri para Pegawai dari Sekretariat Kementerian Koordinator khususnya Biro Komunikasi, Deputi Bidang Koordinasi infrastruktur dan Transportasi serta Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Adapun jumlah peserta yang hadir yaitu sekitar 115 peserta dengan rincian sekitar 42 orang pegawai Sekretariat Kemenko Marves, sekitar 33 orang pegawai Deputi Bidang Koordinasi infrastruktur dan Transportasi serta sekitar 40 orang pegawai Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta beberapa narasumber perwakilan Direktorat Kinerja ASN BKN.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel