Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Semarakkan Sail Selat Karimata 2016, Kemenko Maritim Gelar Seminar Nasional Kemaritiman di Jambi

_W4A4173

(_W4A4173Humas Maritim) – Dalam rangka menyemarakkan perhelatan Sail Selat Karimata tahun 2016, pemerintah yang terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman sebagai panitia pengarah bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai panitia pelaksana tingkat pusat dan Pemerintah Provinsi Jambi sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara Sail Selat Karimata 2016 melaksanakan kegiatan Seminar Nasional Kemaritiman dengan tema “Menjadi Negara Maritim Yang Mandiri, Maju, dan Kuat”, di Ballroom Hotel Ratu Convention Centre, Jambi (25/8).

Seminar Nasional ini merupakan rangkaian dari kegiatan Sail Selat Karimata 2016. Secara keseluruhan rangkaian Sail Selat Karimata ini berjumlah 19 kegiatan yang tersebar di empat provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Jambi.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Asep D. Muhammad yang hadir mewakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan dalam sambutannya mengatakan secara faktual dan berdasarkan konstitusi Indonesia adalah Negara Kepulauan. Untuk itu Indonesia diharapkan bisa menjadi negara maritim yang maju, mandiri, dan kuat.

“Maju dalam arti menguasai iptek dan memiliki basis perekonomian yang kuat, mandiri dalam arti mampu mengelola sendiri sumber daya maritim yang dimiliki secara bebas menentukan masa depannya, sedangkan kuat dalam artian mampu menjaga kedaulatan, berwibawa dan disegani bangsa-bangsa di dunia”, jelas Asep.

Adapun untuk mewujudkan Visi menjadi Negara maritim yang mandiri, maju, dan kuat menurut Asep, dibutuhkan 3 Misi. Pertama, harus memperkuat jati diri Indonesia sebagai Negara Kepulauan dan bagsa bahari yang berkarakter. Kedua, harus mampu mengelola sumber daya alam dan lingkungan maritim secara berkelanjutan dengan memaksimalkan manfaat dan meminimalkan resiko terhadap lingkungan. Ketiga, harus mampu menyediakan infrastruktur konektifitas secara merata, serasi, dan selaras dalam kesatuan ruang negara kepulauan Indonesia.

“Untuk itu Seminar Nasional Sail Selat Karimata ini saya harapkan dapat menghasilkan rekomendasi percepatan perwujudan Idonesia sebagai negara maritim yang maju mandiri dan kuat yang kita cita-citakan”, ujarnya.

Selain Sesmenko Asep, turut hadir Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat (BPSDMP KP) KKP Rifky Effendi Hardijanto yang mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar yang mewakili Gubernur Jambi Zumi Zola.

Narasumber pada Seminar ini terdiri dari Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Kementerian Pariwisata, Institut Pertanian Bogor, Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, Badan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi, Biro Umum dan Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Satgas Gerakan Budaya Bersih dan Senyum (GBBS), arkeolog, sejarawan, akademisi, dan sebagainya. Mereka mengisi kegiatan seminar yang terdiri dari sesi group I, sesi group II, dan sesi pleno.

Dalam seminar ini juga akan dilaksanakan lomba melukis tingkat siswa dan umum se Provinsi Jambi dengan tema wisata maritim dan bahari.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi

Shahandra Hanitiyo, SIP,M.Si /081387201772

Humas Kemenko Bidang Kemaritiman RI

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Semarakkan Sail Selat Karimata 2016, Kemenko Maritim Gelar Seminar Nasional Kemaritiman di Jambi