BeritaFoto

Siapkan SDM Berkualitas, Kemenko Marves Gelar Orientasi CPNS Tahun Anggaran 2021

Dibaca: 172 Oleh Selasa, 15 Maret 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 03 15 at 6.33.21 AM 1
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves-Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan membuka kegiatan orientasi CPNS tahun anggaran 2021 dan pertemuan pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kemenko Marves di Auditorium Soemitro Djojohadikoesoemo, Senin (14-3-2022).

Dalam sambutannya, Menko Luhut mengatakan bahwa CPNS yang telah diterima di Kemenko Marves merupakan generasi muda yang akan berperan dalam pembangunan bangsa melalui penguatan bidang kemaritiman dan investasi. Hal ini sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yang menempatkan pembangunan Sumber Daya Manusia sebagai prioritas pertama dalam program kerja periode 2020-2024.

“Aparatur Sipil Negara harus mampu berkompetisi, berinovasi, profesional, berdaya saing dan menunjukkan kinerja optimal. Hal tersebut sangat terkait dengan tiga arahan Presiden kepada Kemenko Marves yaitu melakukan terobosan-terobosan dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, menangani hambatan-hambatan investasi dan merealisasikan komitmen-komitmen investasi besar,” jelas Menko Luhut.

Menko Luhut menambahkan, guna mendukung arahan Presiden, Kemenko Marves melakukan berbagai terobosan dan strategi untuk mempercepat peningkatan kinerja aparaturnya. Upaya itu dimulai dari rekrutmen CPNS yang fair dan profesional, kemudian diberikan materi pembekalan untuk membentuk mental yang cinta tanah air, bangsa dan negara serta memiliki jiwa mengabdi kepada masyarakat.

Baca juga:  Menko Luhut Menghadiri Meeting Dengan Dr.Ir.Eddy Ihut Siahaan.

Menko Luhut berharap CPNS yang telah diterima pada formasi tahun 2021 di Kemenko Marves dapat segera beradaptasi di tempat kerja barunya guna memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat terhadap sosok birokrasi, antara lain bekerja dengan profesionalisme kinerja berkualitas, dengan output kerja yang memuaskan bagi masyarakat.

Selain itu, CPNS yang akan menjadi sosok birokrasi diharapkan dapat memberikan solusi terbaik yang strategis dan aktual, dapat memperkokoh kerja yang solid dan sinergis, mampu berinovasi, kreatif dan responsif terhadap berbagai keadaan, dan memiliki kondisi prima dalam pengabdian sesuai kompetisinya.

Tidak kalah pentingnya, Menko Luhut juga berpesan kepada CPNS agar bekerja dengan amanah, jangan memanfaatkan jabatan untuk mengambil keuntungan pribadi.

“Dalam menjalankan tugas, CPNS hendaknya memegang teguh nilai dan kode etik ASN serta budaya kerja ASN ber-AKHLAK yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal adaptif dan kolaboratif,” tambah Menko Luhut.

Dalam kesempatan ini, Sesmenko Marves, Ayodhia G L Kalake turut melaporkan bahwa seleksi CPNS Kemenko Marves Tahun 2021 telah selesai dilaksanakan pada bulan Januari 2022 dengan jumlah penerimaan 75 CPNS.

Baca juga:  Indonesia Angkat Pengelolaan Sawit Berkelanjutan di COP 24 Polandia

“Mulai hari ini (Senin) sampai dengan Sabtu, tanggal 14 hingga 19 Maret 2022, akan dilaksanakan Orientasi CPNS di Auditorium BPPT, kegiatan ini diawali dengan diberikannya arahan Bapak Menko kepada para CPNS pada hari ini,” jelas Sesmenko Marves.

Sesmenko Marves menambahkan, CPNS Kemenko Marves telah mendapatkan NIP dengan TMT 1 Maret 2022 dan sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah tentang manajemen PNS, CPNS harus diberikan pendidikan dan pelatihan pra-jabatan yang rencananya akan dilaksanakan dalam tahun 2022 ini.

Selain pembukaan, hari ini (senin) juga diisi dengan pembekalan dan pengenalan terhadap sistem kerja, tugas pokok dan fungsi serta isu strategis kementerian antara lain mengenai hukum laut internasional, tupoksi dan mekanisme kerja lingkup Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, pengelolaan sumber daya perikanan yang berkelanjutan dan pembahasan ekonomi maritim.

Dengan tambahan SDM yang baru ini, kinerja Kemenko Marves harus lebih baik dari sebelumnya.

“Selamat bergabung kepada CPNS, jadilah pegawai yang dapat berkarya dengan baik, dan mampu membangun team work yang kuat guna memberikan kontribusi yang terbaik bagi negara”, pungkas Menko Luhut.

Baca juga:  Menko Luhut Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Lumbung Pangan di Sumut

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

No.SP-90/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2022

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel