ArtikelBeritaFotoSiaran Pers

Sinergikan Keamanan Dokumen, Kemenko Marves Berkunjung ke PT Pura Barutama

Dibaca: 73 Oleh Jumat, 16 April 2021Tidak ada komentar
Sinergikan Keamanan Dokumen, Kemenko Marves Berkunjung ke PT Pura Barutama
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Siaran Pers

No.SP-256/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves-Kudus, Dalam rangka menghadiri undangan sinergi keamanan dokumen pada produk hukum dan persidangan serta pengembangan produk IT, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui Biro Perencanaan dan Biro Komunikasi berkunjung ke PT. Pura Barutama di Kudus, Jawa Tengah pada Jumat, 16 April 2021. Kunjungan ini sekaligus pembaharuan terkait security paper yang digunakan untuk mencetak risalah rapat koordinasi oleh Bagian Persidangan, Biro Perencanaan.

“Packaging produk dan security paper yang dikembangkan di PT Pura Barutama Kudus telah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia dan instansi pemerintah di dalam dan luar negeri. Saya berharap dengan melakukan kunjungan ini, kita dapat mengetahui inovasi terbaru dari security paper dan tantangan yang dihadapi dalam era digitalisasi pada saat ini dan di masa depan,” kata La Ode Aulia Rahman Hakim, Kepala Bagian Persidangan.

Penggunaan security paper sendiri di Bagian Persidangan Biro Perencanaan telah berjalan selama dua tahun terakhir ini. Penggunaan security paper yang berfitur khusus ini dapat mengautentifikasi dan mengamankan dokumen Rapat Koordinasi Menko atau yang biasa disebut risalah rakor menko. Dari empat Kementerian Koordinator yang ada, Kemenko Marves adalah Kemenko pertama yang menggunakan security paper dalam pengamanan dokumen risalah rakor Menko.

Baca juga:  Kebangkitan Olahraga Bahari Nasional Meriahkan Pesta Sail Selat Karimata

“Dari kunjungan ini kami mendapatkan banyak informasi dan pencerahan dari PT Pura Barutama yang merupakan perusahaan karya anak bangsa di mana sudah berusia lebih dari 100 tahun lebih dan berpengalaman dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi packaging produk dan pengamanan dokumen. Dalam hal ini security paper dan inovasi packaging produk, serta pengamanan produknya telah berapa kali mendapatkan penghargaan internasional. Kami berharap dari kunjungan ini adalah kita dapat menduplikasi semangat inovasi yang dilaksanakan oleh PT Pura dapat kami duplikasi di kantor Kemenko Marves guna mewujudkan tata good governance yang lebih baik lagi ke depannya. Inovasi terus menerus yang dilakukan oleh PT Pura Barutama perlu diapresiasi,” ungkap Kabag La Ode Aulia Rahman Hakim.

Rombongan dari Kemenko Marves disambut langsung oleh Hery Agung Wijayanto, General Manager Total Security System – Security Printing Pura Barutama dan dilanjutkan dengan penjelasan dari berbagai produk yang telah dihasilkan oleh PT Pura Barutama, seperti kertas untuk mencetak uang, materai, paspor, security paper, dan kemasan berbagai produk.

“Kami memberi solusi percetakan security di era digitalisasi global. Pura sebagai the leader of security printing company terus berkontribusi dalam pengembangan dunia yang lebih secure,” kata Hery Agung Wijayanto.

Baca juga:  Deputi Agung pimpin Pertemuan Bilateral Indonesia-Maroko di Sektor Energi

Security printing adalah teknik mutakhir dalam memproteksi dokumen bernilai tinggi, namun seiring perkembangan zaman, teknologi memiliki peran yang penting serta menjanjikan nilai tambah bagi produk-produk cetakan. Inilah tantangan baru bagi Pura, bagaimana security-printed documents sebagai bentuk proteksi dan identifikasi terhadap produk cetakan beradaptasi era teknologi ini.

“Untuk menjawab tantangan tersebut, Pura telah berinovasi dalam mengintegrasikan produk cetakannya dengan sistem atau aplikasi yang dapat terhubung ke atau tanpa internet, sehingga, inovasi baru yang Pura sajikan dapat menghubungkan dokumen kepada pemiliknya tanpa kekhawatiran untuk digandakan, dipalsukan, serta mudah diakses. Hal ini dilakukan untuk tetap memberikan dukungan serta perlindungan yang menyeluruh kepada customer,” tambah Hery Agung Wijayanto.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi bersama Manager Marketing Technical Support PT Pura Barutama, Galang Yunato Hasyim dan Presentasi inovasi Total Security System dari Marketing Technical Support, Alip Prasetyo.

“Di sini kita akan memaparkan konsep penerapan proteksi security pada produk yang digunakan di lingkup Kemenko Marves. Harapannya setelah pemaparan produk-produk dari Pura, akan muncul ide-ide untuk dikembangkan untuk menghindari pemalsuan dan nantinya akan diterapkan di Kemenko Marves. Tidak menutup kemungkinan juga akan diterapkan di Kemenko-Kemenko lainnya,” kata Galang Yunato Hasyim.

Baca juga:  Menko Marves Luhut Menjadi Pembicara Pada Acara Kunci Dialog Nasional

Pura Total Security System merupakan salah satu perusahaan cetak security terintegrasi terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Unit bisnis yang berdiri sejak tahun 2001 ini telah berkontribusi dalam pembuatan dokumen security dan fitur-fitur keamanan dokumen negara, perbankan, komersial, pendidikan, maupun swasta.

“Pura terintegrasi dari hulu ke hilir terkait security paper dan Pura berharap bisa mendukung terus kegiatan yang ada Kemenko Marves,” ungkap Galang Yunato Hasyim.

Pura Barutama merupakan grup bisnis yang berfokus pada pembuatan kertas, cetakan, packaging, hologram, engineering, dan total security system. Didirikan pada tahun 1908 sengan hanya didkung oleh 8 pekerja dan telah berekspansi lebih dari 30 unit bisnis dengan kurang lebih 13.000 pekerja, diarea produksi lebih dari 90 Ha.

Pura menjadi pioneer dalam produk-produk baru seperti produsen pertama carbonless paper (NCR) di negara tropis, pioneer holographer di Asia Tenggara, produser hot stamping foil pertama di Indonesia, dan perusahaan  pertama yang menawarkan total security system selain Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel