Berita Deputi

Sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih di Babelan

Sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih di Babelan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Bekasi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Devi Luhut Pandjaitan dan jajaran Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) hari ini Senin (16/09/2019) melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Ada 2 lokasi yang didatangi Ibu Negara beserta jajaran. Lokasi pertama yaitu, di Kali Pulo Timaha.
Dalam kesempatan itu Ibu Iriana mendapatkan penjelasan mengenai upaya koordinasi pembersihan Kali Busa Bahagia dan Kali Pulo Timaha oleh Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin.

Sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih di BabelanSetelah mendengar penjelasan dari Deputi Safri, dalam sambutannya Ibu Iriana mengajak kepada masyarakat setempat untuk peduli kepada kebersihan Kali Busa Bahagia dipenuhi sampah plastik.

Menurutnya untuk menjadikan lingkungan bersih itu tidak sulit dan sangat sederhana. “Bagaimana sungai menjadi bersih itu sederhana, kalau ada sesuatu di kali itu terutama plastik, kita bisa mengambilnya. Jadi jangan sungkan mengambil apapun dijalan, ditampung atau dimasukkan ke tempat sampah, jadi tidak akan menumpuk kaya di Kali Bahagia”, ujar Ibu Iriana.

Setelah memberikan sambutan Ibu Iriana dan jajaran meninjau ke lokasi pembersihan Kali Busa Bahagia. Dengan menggunakan alat bantu eksavator sampah plastik di Kali Busa Bahagia sudah berhasil dibersihkan.

“Tadi saya bersama ibu-ibu Oase Kabinet Kerja lihat situasi sungai, ternyata masih kotor sekali. Berkat kerjasama ibu-ibu RT/RW dan lingkungan semua tadi sudah dibersihkan dengan bantuan alat eskavator, nanti bisa bersih semua sepanjang 3 Km”, kata Ibu Iriana.

Setelah dilakukan pembersihan tersebut Ibu Iriana berharap Kali Busa Bahagia bisa bersih kembali dan dapat dimanfaatkan oleh banyak perkampungan.

Kemudian setelah itu Ibu Iriana. dan jajaran bergerak menuju Aula Sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih di RW 30, Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan, Bekasi yang sebelumnya sosisalisasi sudah disampaikan oleh Kepala Bidang Jejaring Inovasi Pariwisata Bahari, Asisten Deputi Jejaring Inovasi Maritim, Deputi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim, Edi Susilo.

Sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih di Babelan

Sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih di BabelanGerakakan Indonesia Bersih menurut Edi sudah diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan dan Kehutanan, di mana salah satu tujuannya adalah mengurangi dampak buruk sampah plastik.

Banyak kuis-kuis yang diberikan Ibu Negara beserta jajaran kepada siswa siswi SMP dan SMA di Babelan. Ibu Devi Luhut Pandjaitan pun turut memberikan pertanyaan.

“Anak-anak, sebutkan 3 cara mengurangi sampah plastik?” tanya Ibu Devi.

“Tidak menggunakan sedotan plastik, membawa tas belanja, membawa botol air minum sendiri dari rumah”, jawab salah satu siswi yang maju ke depan.

Ibu Devi pun membenarkan jawabannya, kemudian sepeda pun didapat oleh siswi tersebut. Hadiah lain seperti laptop pun disediakan untuk siswa siswi yang berhasil menjawab kuis yang diberikan.

Tidak hanya itu, ada juga kegiatan Dongeng untuk siswa siswi SMP SMA dengan tema mengenai Indonesia Bersih. Dongen ini dibawakan oleh Emand dari Kampung Dongeng anak Indonesia.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel