Artikel

Sumbawa Bersiap Menjadi Tuan Rumah Sail Moyo Tambora Pada September Mendatang

Oleh 04 Jul 2018 Juli 10th, 2018 Tidak ada komentar
Sumbawa Bersiap Menjadi Tuan Rumah Sail Moyo Tambora Pada September Mendatang
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Lombok, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman kembali mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan menjelang event berkelas internasional, Sail Moyo Tambora 2018, rencananya akan digelar di Sumbawa, NTB, 09 – 23 September 2018.

Sekretaris Kemenko Maritim, Agus Purwoto saat memimpin Rakor tersebut mengatakan, dalam paparan yang disampaikan kepada beberapa kementerian/lembaga, pihak Pemda NTB beserta pihak BUMN menyatakan, event ini sejatinya telah dipersiapkan sejak lama, termasuk masalah pendanaan yang juga telah dipersiapkan dengat sangat baik.

“Kesiapan-kesiapan yang dipaparkan oleh berbagai pihak terkait, utamanya dari Pemda NTB, ini sangat memperlihatkan keseriusan dan komitmen kita untuk menyukseskan ini. Apalagi event ini dapat mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena acara ini dapat sekaligus menunjukkan potensi daerah,” ujar Sesmenko Agus dalam konferensi pers seusai Rakor, yang digelar di Lombok, Selasa (03-07-2018).

Sesmenko Agus menambahkan, di antara berbagai persiapan yang akan diimplementasikan dalam waktu dekat ini adalah, pengembangan infrastruktur pendukung, seperti akses jalan dan dermaga oleh pihak Pelindo III, yang nanti akan digunakan sebagai lokasi acara puncak Sail Moyo Tambora 2018.

“Pengembangan dermaga dan perbaikan akses jalan masuk ke lokasi acara puncak yaitu di Pelabuhan Badas dan Pantai Saliper Ate, nanti pasca acara Sail Moyo Tambora pengembangan berbagai infrastruktur tersebut dapat digunakan sebagai dermaga penumpang, tourism cruishing port dan dermaga bongkar muat” ungkapnya.

Selanjutnya, menyangkut kesiapan masyarakat, Sesmenko Agus menyatakan apresiasinya kepada masyarakat NTB. Sebab, berkilas balik ke belakang saat NTB ditunjuk menjadi tuan rumah ajang pertemuan dan latihan MNEX 2018 yang diikuti oleh angkatan laut negara sahabat bertaraf internasional yang melibatkan 35 negara, 55 armada kapal perang dan 5700 prajurit mancanegara beberapa waktu lalu, peran masyarakat NTB dipandang oleh Sesmenko Agus sangatlah luar biasa.

“Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengapresiasi karena sampai sekarang event itu berlangsung secara zero complain dan zero accident, jadi artinya masyarakat NTB sudah siap go public secara internasional,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi NTB, Lalu Mohamad Faozal, untuk para peserta (yachter) yang sudah terkonfirmasi sampai dengan hari ini telah mencapai 140 peserta yang terdiri dari para yachter kaliber internasional.

“Sesuai laporan PIC yachter-yachter di Indonesia, titik kumpul akan bergerak dari Australia, Singapura, dan Malaysia,” ujar Lalu.

Untuk persiapan lainnya, Lalu menuturkan, segala persiapan akan dilakukan dan dikoordinasikan sambil berjalan secara terintegrasi antar pihak terkait. Sedangkan untuk anggaran yang akan digunakan, menurut Lalu juga sudah disiapkan oleh Pemprov NTB.

“Kesiapan lain, tinggal kita finalisasi termasuk 4 titik jalan yang akan kita benahi dan sebelum Agustus 2018 sudah bisa dipergunakan. Persiapan yang lain sambil berjalan. Untuk anggaran sudah disiapkan Rp 3,4 milyar dari pemprov NTB,” ujarnya.

Dalam Rakor persiapan Sail Moyo Tambora 2018 yang acara puncaknya rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, juga dipaparkan berbagai kesiapan dari kementerian/lembaga terkait, di antaranya dari perwakilan Kementerian Perhubungan yang akan mendukung penuh dalam hal transportasi darat, laut, dan udara untuk memudahkan mobilitas masyarakat sebelum dan selama gelaran Sail Moyo Tambora 2018, Kementerian Pariwisata yang akan mendukung dalam hal acara dan promo, kemudian BMKG yang akan mendukung dalam hal penyediaan data terkait cuaca, dikarenakan BMKG sudah menyiapkan piranti radar cuaca canggih di dua titik di NTB dan pihak TNI-Polri yang akan mendukung penuh dalam hal keamanan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel