ArtikelFotoBerita DeputiDeputi 3Penguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Susun Strategi dan Rencana Kerja Strategis, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Dan Transportasi Kemenko Marves Adakan Konsinyering

Dibaca: 128 Oleh Jumat, 25 September 2020Oktober 2nd, 2020Tidak ada komentar
Susun Strategi dan Rencana Kerja Strategis, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Dan Transportasi Kemenko Marves Adakan Konsinyering
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves-Jakarta, Deputi Bidang Koordinasi Insfrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves (Deputi III) sigap menyusun berbagai strategi untuk menyongsong rencana kerja ke depan. Sebagai langkah penting, Deputi III kemudian langsung mengadakan Konsinyering, yang dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawainya.

Dalam Konsinyering yang dilangsungkan di Bandung, pada tanggal 24 – 26 September tersebut, Selain Penandatanganan Perjanjian Kinerja 2020 oleh para Pejabat Eselon II, III lingkup Deputi III, turut dibahas pula antara lain mengenai Pembahasan Data Realisasi Anggaran dan Keuangan. Serta, Penyusunan Laporan Kegiatan dan Laporan Keuangan (Pra-Coklit dan Coklit). Kemudian, agenda tersebut juga diisi dengan paparan dari para Asisten Deputi mengenai rencana kegiatan ke depan, dan juga progres berbagai program yang dikawalnya.

Dimulai oleh, Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rahman Hidayat, yang memaparkan salah satu program prioritas yang terus dikawal, yakni Pengaman Pesisir 5 Perkotaan Pantura Jawa.

“Lima kawasan perkotaan ini meliputi Jakarta, Cirebon, Pekalongan, Semarang, dan Demak, Manfaat program ini antara lain Mengatasi bencana banjir rob di DKI Jakarta, Semarang, Pekalongan, Demak, dan Cirebon, serta Berkurangnya waktu tempuh Semarang – Demak (1 jam menjadi 25 menit),” ujarnya.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rapat dengan Pelaku Usaha Perikanan

Kemudian, Asisten Deputi Infrastruktur Pengembangan Wilayah, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Djoko Hartoyo, menekankan pada sinergisitas antar Asdep di lingkup Deputi III, dan juga mengenai timeline rencana program atau kegiatan tahun 2020.

“Antara lain FGD Finalisasi Draft KepMenko Marves tentang TIM Tol Laut, FGD Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pengembangan Wilayah dan  Rakor Penataan Logistik Nasional,” jelas Asdep Djoko.

Lalu, Asisten Deputi Infrastruktur Konektivitas Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rusli Rahim menjelaskan mengenai progress berbagai proyek infrastruktur konektivitas, berdasarkan hasil sinkronisasi, koordinasi dan pengendalian hingga 24 September 2020.

“Antara lain, progres Terminal Multipurpose Wae Kelambu, Labuan Bajo, Manggarai Barat. progress Pelabuhan Patimban, proyek pembangunan Pelabuhan Arar, Pelabuhan di Kawasan Industri Galang Batang,Pelabuhan Kuala Tanjung dan Kawasan Industri. Lalu mengawal, Pengembangan Hub dan Superhub,” jelasnya.

Lebih lanjut, Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastruktur, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Yudi Prabangkara, berkomitmen akan terus mengemban amanat untuk pemenuhan pembangunan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). yang dipandang sebagai infrastruktur masa depan, bahkan di situasi dan kondisi pandemi global covid-19 saat ini, menjadi infrastruktur yang amat vital.

Baca juga:  Kerja Bersama Menjaga Kelestarian Danau Toba

Dan, Asisten Deputi Industri Maritim dan Transportasi Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, M. Firdausi Manti, memaparkan mengenai Pengendalian Implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri ( P3DN ), yang salah satu rekomendasinya adalah, Harmonisasi Kebijakan Regulasi K/L/BUMN yang terkait P3DN wajib revisi/menyesuaikan dengan PP 29/2018 dan Pembenahan e-catalogue LKPP.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Deputi III Lukijanto, menggaris bawahi mengenai Data yang masih terpisah-pisah antar unit eselon 2, yang menurutnya masih menyulitkan pimpinan untuk memantau perkembangan program dan kegiatan. Kemudian, mengenai Pandemi COVID-19 yang menuntut kebijakan mayoritas pegawai untuk bekerja dari rumah (WFH), menyulitkan koordinasi antar pegawai. Serta, Dukungan teknologi informasi yang semakin canggih dan murah dapat dimanfaatkan untuk menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, dan pemanfaatan data pemerintah yang terpadu.

“Solusinya, pengumpulan data dalam satu pintu yang akurat, mutakhir, terpadu, serta mudah diakses berbasis teknologi informasi. Dan juga Perlunya Publikasi , Peliputan langsung, agar dapat dipublish di web resmi Kemenko Marves, dan media mainstream terkenal dalam dan luar negeri,” jelasnya.

Baca juga:  Kemenko Kemaritiman Terus Mendorong Industri Perikanan Nasional

Agenda Konsinyering Deputi III, dihadiri oleh hampir seluruh pejabat dan pegawai lingkup Deputi III. Turut pula hadir Kepala Biro Perencanaan Kemenko Marves Arief Rahman.

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel