FotoBerita DeputiDeputi 4

Tandatangani PK Seluruh Pejabat dan Staf Tahun 2021, Deputi Nani Hendiarti Tekankan Pentingnya Kerja Sama Semua Lini

Dibaca: 46 Oleh Selasa, 2 Februari 2021Februari 23rd, 2021Tidak ada komentar
Tandatangani PK Seluruh Pejabat dan Staf Tahun 2021, Deputi Nani Hendiarti Tekankan Pentingnya Kerja Sama Semua Lini
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-50/HUM/ROKOM /SET.MARVES/II/2021

Marves – Jakarta, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Nani Hendiarti bersama para pejabat beserta staf di Deputi menandatangani Perjanjian Kinerja (PK) lingkup Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Tahun 2021, Selasa (02-02-2021). Penandatanganan PK ini diikuti para pejabat eselon II, III, IV, dan para staf di lingkup Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves.

Deputi Nani mengatakan bahwa penandatangan PK ini merupakan bukti perjanjian secara tertulis setiap orang yang diikat untuk melaksanakan tugas serta fungsinya. Sebab, penandatanganan PK ini tidak hanya berhenti di tahap ini saja tapi untuk dilaksanakan sebaik mungkin.

“Bukan cukup di sini, kita perlu terus mengawal pelaksanaannya. PK ini dilaksanakan setelah penandatanganan PK di tingkat eselon I dilaksanakan tanggal 28 Januari lalu,“ kata Deputi Nani dalam sambutan sekaligus arahannya.

Dia menuturkan dengan ditandatanganinya PK ini diharapkan bisa membuat sistem kerja yang lebih akuntabel, kinerja lebih baik, dan semakin efisien yang akan terintegrasi pula. Selain itu, para pejabat hingga staf di Deputi Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan juga harus menyadari penandatanganan PK ini merupakan wujud penugasan dari pimpinan kepada bawahannya agar melaksanakan kegiatan sesuai tugas dan fungsi Kemenko Marves.

Baca juga:  Suar Kemaritiman Edisi 18 Juli 2018

“Koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan, khususnya di bidang lingkungan dan kehutanan tentunya disertai indikator kinerja. Indikator kinerja Deputi PLK sebagian besar adalah pengawalan dari target-target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dari kementerian teknis yang ada di bawah koordinasi kita. Untuk itu penting kita menjaga atau bahkan meningkatkan network atau hubungan kerja dengan mitra-mitra kita, yang sudah baik kita tingkatkan,“ ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa setiap pejabat harus memahami tugas dan fungsi Kemenko Marves seperti disampaikan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan belum lama ini, yaitu melakukan fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan dalam rangka pelayanan kepada K/L. Pasalnya, lanjut dia, jika peran dan tugas yang dilakukan Kemenko Marves dirasakan manfaat oleh kementerian di bawah koordinasinya dan kementerian terkait, maka Kemenko Marves akan tetap dibutuhkan dan berlanjut dalam situasi apapun.

“Ini penting, kerena kita tidak bekerja untuk kita, tapi untuk Indonesia, spesifiknya untuk kementerian-kementerian di bawah koordinasi kita dan kementerian terkait. Seperti halnya sekarang kita melakukan koordinasi dan pengawalan contohnya food estate. Itu yang perlu kita pahami bersama,“ tuturnya.

Baca juga:  Menko Luhut Rapat dengan Ketua Umum OJK dan Gubernur BI

Lebih jauh, Deputi Nani mengatakan bahwa kinerja Deputi PLK merupakan kolaborasi dari seluruh unit kerja di lingkup Deputi 4. “Jadi kita harus bekerja bersama-sama, bekerja dalam teamwork kerana isu yang kita tangani itu sangat mungkin lintas unit kerja, lintas kedeputian, teamwork adalah kunci sukses agar program yang kita laksanakan mencapai target dengan baik. Ini yang ingin saya tekankan,“ tambahnya.

Diapun lantas mengingatkan kepada para Asisten Deputi (Asdep) dan Sekretaris Deputi (Sesdep) untuk tidak terburu-buru membuat keputusan atas sebuah permasalahan.

“Kita jangan terburu-buru, saya sarankan kepada Asdep dan Sesdep. Kalau kita membahas sesuatu isu, kita harus pelajari dulu sehingga kita paham, jadi kalau kita mengoordinasikan kita sudah punya posisi,” pintanya.

Sebagai penutup, Deputi Nani mengimbau agar semua pihak termasuk dirinya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan bekerja keras dalam teamwork, bekerja dengan sepenuh hati, dan dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

Sekadar informasi, penandatangan PK ini merupakan salah satu amanah dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.
Penandatanganan ini tetap menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dalam situasi pandemi saat ini guna mencegah penularan Covid-19. Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah pejabat lingkup Sekretariat Kemenko Marves.

Baca juga:  Temui Miss Grand Indonesia, Menko Luhut: Jangan Hanya Penting Saja, Tapi Baik.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel