FotoBerita DeputiDeputi 3

Tandatangani PK Tahun 2021, Deputi Ayodhia Berharap Agar Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Dapat Tingkatkan Kinerja

Dibaca: 16 Oleh Jumat, 5 Februari 2021Februari 23rd, 2021Tidak ada komentar
Tandatangani PK Tahun 2021, Deputi Ayodhia Berharap Agar Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Dapat Tingkatkan Kinerja
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS 

No.SP-60/HUM/ROKOM /SET.MARVES/II/2021

Marves – Tangerang, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) tahun 2021. Penandatangan PK ini diadakan pada Jumat (05-02-2021) dan diikuti oleh seluruh pejabat eselon II, eselon III, dan eselon IV di lingkup Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves.

Penandatanganan PK Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi dilaksanakan sebagai tindak lanjut penandatanganan PK pejabat eselon I Kemenko Marves yang dilaksanakan sebelumnya pada Kamis (28-01-2021).

Dari acara yang digelar Januari lalu, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi mendapat tugas untuk mengawal empat Indikator Kinerja Utama (IKU) Menko, yakni IKU 3 terkait Indeks Daya Saing Global, IKU 5 terkait Indeks Kinerja Logistik, IKU 6 terkait Indeks Disparitas Ekonomi, dan IKU 10 terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Ayodhia G. L. Kalake pun memberikan arahan kepada para pegawai Deputi 3. “Penandatanganan PK ini merupakan salah satu wujud sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Hal ini pada dasarnya sudah ada dalam aturan pemerintah dan menjadi wujud komitmen kesepakatan pimpinan dengan pekerja, khusunya di lingkup Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi,” ungkapnya.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rapat Koordinasi Transisi Blok Rokan

Deputi Ayodhia pun menyampaikan bahwa acara ini bukan hanya sebagai bentuk nyata komitmen terhadap pemerintah, tetapi juga untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi, dan kinerja dari instansi pemerintah. “Kita jadi punya tolak ukur evaluasi kinerja dan menjadi dasar penilaian pemimpinan terhadap pekerjaan yang dilakukan,” katanya.

Menyambung, Sekretaris Deputi (Sesdep) Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Lukijanto yang memaparkan tentang capaian target PK 2020. “Berdasarkan hasil assessor internal, yakni Inspektorat dan Biro Hukum, Deputi 3 memperoleh penilaian reformasi birokrasi 32.83 atau mencapai 90,5 persen.” Ia juga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil rapat identifikasi Unit Kerja untuk Penilaian Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi-Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK-WBBM) pada tanggal 22 Januari 2021 yang lalu, seluruh unit eselon I dan perwakilan eselon II Sekretariat Kementerian Koordinator (Setmenko) akan diusulkan penilaian ZI 2021 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sesdep Lukijanto berpesan, “Semoga dengan adanya perjanjian kinerja ini, kita dapat mempertanggung jawabkan kinerja kita dengan menerapkan nilai semangat, kompak, dan solidaritas di lingkup Deputi 3.”

Baca juga:  Menko Luhut Meninjau Pameran Pemuda Pemudi Di Papua

Sebagai informasi, momentum ini dilakukan dalam rangka menerapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), juga Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPan RB) Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Menko Marves Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Kemenko Marves.

Karena diselenggarakan di tengah kondisi pandemi Covid-19, acara penandatanganan PK ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. “Sekali lagi saya ucapkan selamat bekerja. Mari bekerja sama untuk saling bersinergi dan mencapai target di level kedeputian, kementerian, maupun nasional,” tutup Deputi Ayodhia.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel