FotoPublikasi

Targetkan Capai WBK dan WBBM, Biro Komunikasi Benchmarking ke Kanwil Terbaik di Lingkup Kemenkeu

Dibaca: 3 Oleh Kamis, 3 Juni 2021Tidak ada komentar
Targetkan Capai WBK dan WBBM, Biro Komunikasi Benchmarking ke Kanwil Terbaik di Lingkup Kemenkeu
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-350/HUM/ROKOM/SET.MARVES/V/2021

Marves-Bandung, Untuk mempercepat  pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) serta Pembangunan Zona Integritas (ZI) Biro Komunikasi bersama dengan unit kerja lingkup Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melaksanakan Benchmarking dan Diskusi Bersama terkait Pengelolaan Reformasi Birokrasi serta Pembangunan Zona Integritas di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat dan Kunjungan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat pada Hari Kamis (3-6-2021).

Agenda ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi Perpres nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, di antaranya Reformasi Birokrasi dan Penyelenggaran Negara yang Bebas dari KKN, serta dalam rangka studi banding karena Biro Komunikasi memiliki target untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani  (WBK dan WBBM) dari KemenpanRB.

Kepala Biro Komunikasi Andreas Dipi Patria dalam sambutannya mengatakan bahwa Biro komunikasi sebagai biro yang baru memiliki kewajiban untuk mengakselerasi reformasi birokrasi. “Kami perlu segera menerapkan dan mengimplementasikan, salah satu caranya  dengan mencontoh atau meniru dari kementerian/lembaga yang telah lebih dahulu menerapkannya,” ujarnya saat kunjungan ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat di Bandung.

Baca juga:  Kawal Implementasi UU Cipta Kerja, Kemenko Marves Lakukan Sinergi dengan Pemerintah Daerah Jawa Barat

Menurutnya, Kemenko Marves memiliki latar belakang pegawai yang beragam mulai dari kementerian teknis terkait hingga pemerintah daerah. “Ini merupakan sebuah tantangan untuk membentuk budaya kerja yang baru sehingga melahirkan suatu kelembagaan yang efektif dan efisien untuk menjadi birokrasi yang profesional, modern, dan mampu memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat,” urai Kabiro Andreas.

Kemudian, dalam sambutannya, Kakanwil DJPb Provinsi Jawa Barat Dedi Sopandi menyampaikan rasa bangganya karena lembaganya dijadikan sebagai salah satu tempat benchmark Kemenko Marves. “Kanwil DJPb Jawa Barat menjadi kanwil yang terbaik di lingkup Kementerian Keuangan, saat ini kami membawahi 12 KPPN 3 di antaranya telah meraih WBBM, rencananya tahun 2021 ada 6 yang akan didorong  untuk mendapatkan predikat WBK/WBBM,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Biro Hukum Kemenko Marves Iwa Gemino meminta agar birokrasi  diubah ke arah yang positif. “Dengan tata kelola organisasi dan kinerja yang baik, Reformasi Birokrasi merupakan komitmen bersama pimpinan dan pegawai, serta reformasi birokasi tidak hanya dokumen melainkan perubahan budaya kerja,” pungkasnya.

Baca juga:  Kemenko Marves Kawal Persiapan Program Pengelolaan Ekosistem Mangrove yang Terintegrasi

Soal strategi membangun ZI, Kepala Seksi Supervisi Proses Bisnis Bidang SKKI Nanang Trimanta, menyampaikan bahwa pihaknya menerapkan komitmen yang linear antara pimpinan dan staf  untuk mengubah mindset dan budaya kerja. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa memberikan kemudahan dalam pelayanan, program-progran yang menyentuh masyarakat, melakukan monitoring dan evaluasi serta manajemen media adalah strategi lain yang diterapkan oleh lembaganya.

Selain melakukan diskusi dan kunjungan di kantor wilayah DJPb Provinsi Jawa Barat, Tim Kemenko Marves juga melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Kepala Dinas Noneng Komara Nengsih ketika menyambut rombongan menyatakan, bahwa saat ini lembaganya adalah salah satu unit kerja yang telah mendapatkan gelar WBK di Provinsi Jawa Barat.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel