Berita DeputiDeputi 1

Tegakkan Hukum di Laut, Kemenko Marves Inisiasi Percepatan Mekanisme Pertukaran Data dan Informasi Melalui API Gateway

Dibaca: 13 Oleh Selasa, 27 April 2021April 28th, 2021Tidak ada komentar
Tegakkan Hukum di Laut, Kemenko Marves Inisiasi Percepatan Mekanisme Pertukaran Data dan Informasi Melalui API Gateway
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-278/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves – Jakarta, Bersama Kementerian/Lembaga (K/L) terkait, Kemenko Marves menginisiasi pertemuan guna mempercepat pembentukan API Gateway sebagai mekanisme pertukaran data dan informasi sebagai bentuk upaya Penegakan Hukum di Laut. Pertemuan ini dilakukan pada hari Selasa, 27 April 2021 di Jakarta.

“Pada hari ini, kami akan membahas mengenai mekanisme pertukaran data dan informasi melalui API Gateway untuk interopability sistem-sistem yang terdapat di masing-masing K/L serta identifikasi sistem yang terdapat pada masing-masing K/L tersebut,” terang Plt. Asisten Deputi (Asdep) Keamanan dan Ketahanan Maritim Helyus Komar kala membuka pertemuan.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut implementasi dari Kesepakatan Bersama Pertukaran Data dan Informasi Terkait Penegakan Hukum di Laut yang telah ditandatangani pada tanggal 13 Desember 2019 serta meneruskan diskusi yang juga telah dilaksanakan pada tanggal 8-9 Maret 2021 dengan melibatkan 8 K/L yang terdiri dari Kemenko Marves, Kementerian Keuangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, POLRI, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Keamanan Laut (Bakamla), serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Baca juga:  Kawal HPM Nikel, Tim Satgas Tegaskan Pengawasan Transaksi Jual Beli dan Verifikasi Kualitas Bijih Nikel

“Kita sudah buat nota Kesepakatan Bersama yang berisi data-data yang diperlukan untuk bisa dibagikan. Yang ingin kami tegaskan, data-data yang sudah disepakati itu harus yakin dipastikan bisa diakses,” sebut Plt. Asdep Komar.

Terkait infrastruktur sistem, disebutkan bahwa API Gateway ini berguna untuk mengatur lintas koneksi antar instansi yang bertukar data supaya tidak berantakan.

Terkait hal tersebut, Plt. Asdep Komar berharap agar selanjutnya ahli-ahli IT dari masing-masing K/L yang terlibat bisa segera bertemu untuk membahas teknis integrasi yang bagus dengan menggunakan API Gateway.

“Kedepannya, semoga sudah bisa memiliki mekanisme yang lebih jelas terkait implementasi pertukaran data dan informasi dengan menggunakan API Gateway ini,” tutup Plt. Asdep Komar di akhir pertemuan.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel