Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Temu Koordinasi Pokja Dalam Rangka Percepatan Penyelesaian Isu Strategis

2017-07-21-PHOTO-00000169

Maritim – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mengadakan Kegiatan Temu Pengelolaan Kelompok Kerja (Pokja) lingkup Kemenko Maritim di Kantor Kemenko Maritim, Jumat (21-07-2017). Tujuan pertemuan Pokja kali ini antara lain adalah untuk menyinergikan dan mengoordinasikan keberadaan dan proses penyusunan Pokja kedeputian yang khususnya adalah mengoordinasikan rekomendasi yang dihasilkan Pokja dalam rangka mengamati dan menyinergikan proses kebijakan publik berdasarkan output yang dihasilkan Pokja. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan setiap eselon 1 lingkup Kemenko Maritim. 2017-07-21-PHOTO-00000170

“Pada tahun 2016, kita sudah mempunyai pedoman yaitu pedoman Temu Pokja Kemenko Maritim yang terdiri dari tiga, yaitu pedoman pengelolaan isu strategis, pedoman kelembagaan pendukung kebijakan isu strategis dan pedoman formulasi pengendalian dan revisi kebijakan publik,“ ujar PLH Kepala Biro Perencanaan Kemenko Maritim,  Ana Damayanti pada saat membuka kegiatan.  Ia menambahkan bahwa ketiga pedoman tersebut adalah saling berkait, yang mana bertujuan untuk menghasilkan kebijakan publik yang efektif, berkualitas, reliable juga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah.

Dalam kegiatan ini dilakukan Sosialisasi Pedoman Kelembagaan Pendukung Kebijakan Strategis Kemenko Maritim oleh Pakar Kelembagaan, Akhmad Solihin. Ia mengatakan bahwa dalam sosialisasi ini akan disampaikan dan diingatkan kembali mengenai hasil final kajian 2016 mengenai Pokja dan harapannya ada perbaikan kedepannya.

2017-07-21-PHOTO-00000168Ia menjelaskan bahwa Pokja adalah kelompok kerja yang terdiri dari perwakilan kementerian dan lembaga, serta perseorangan dengan keahlian khusus yang bertugas untuk melaksanakan tugas tertentu yang sesuai dengan arahan Kemenko Maritim. “Kata kunci dari pedoman yang sudah ditetapkan adalah penyelesaian isu strategis. Ada beberapa dokumen yang ditemukan mengenai Pokja yang lebih banyaknya hanya sebagai rutinitas, bukan sebagai percepatan penyelesaian isu strategis. Jika penyelesaian tidak dilakukan dengan cepat akan terjadi dampak atau kehilangan peluang,” imbuhnya.

Kegiatan Temu Pokja ini diakhiri dengan diskusi kelompok terkait Tata Kelola Pokja dan laporan perkembangan Kelompok Kerja lingkup Kemenko Maritim dari masing-masing kedeputian.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Narasi Tunggal Berita Berita Deputi
Sort by

Temu Koordinasi Pokja Dalam Rangka Percepatan Penyelesaian Isu Strategis