FotoBerita DeputiDeputi 3

Terjun ke Lapangan, Kemenko Marves Pantau PSN Proses Pembangunan Jalan Tol Ruas Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu

Dibaca: 21 Oleh Kamis, 24 Desember 2020Tidak ada komentar
Terjun ke Lapangan, Kemenko Marves Pantau PSN Proses Pembangunan Jalan Tol Ruas Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, Guna memastikan proses pengerjaan pembangunan infrastruktur Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu merupakan ruas prioritas Trans-Sumatera yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) di wilayah Provinsi Bengkulu berjalan lancar, Asisten Deputi (Asdep) Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rahman Hidayat terjun langsung ke lapangan.

Asdep Rahman bersama Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Yuliswani; Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Bengkulu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M. Diantoro Murod; serta Project Director PT. Hutama Karya, Sri Hastuti mengunjungi beberapa titik dalam kegiatan ini.

”Kunjungan diawali di STA 0+000 Kelurahan Betungan, Kota Bengkulu dengan terlebih dahulu melaksanakan Tool Box Meeting (TBM). Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan jalan tol dimaksud dilakukan zonasi pekerjaan yang dibagi atas 4 Zonasi, Zona 1 (STA 0+000- 6+400), Zona 2 (STA 6+400-12+000), Zona 3 (STA 12+000-17+625), Zona Akses (Akses dan Interchange Taba Penanjung),” tutur Rahman di Jakarta, Kamis (24-22-2020).

Baca juga:  Menko Luhut Melakukan Rapat Dengan Direktur Utama Antam Dana Amin

Dia menuturkan bahwa lokasi kunjungan pertama ini terletak di Zona 1 (STA 0+000 – STA 6+400) yang pembebasan lahannya sudah mencapai 100 persen dan lokasi ini sudah dilaksanakan pekerjaan Rigid Pavement sepanjang 6 KM serta pekerjaan struktur sudah selesai dikerjakan semuanya. Setelah itu Asdep Rahman beserta rombongan menuju Zona 3 STA 13+400.

”Lokasi ini terbilang cukup ekstrim mengingat kontur yang berbukit serta akses yang berat mengharuskan penyedia jasa pembangunan jalan tol yakni PT. Hutama Karya Infrastruktur harus membangun Jembatan Perlintasan Bailey (sementara) agar dapat meningkatkan produktifitas pekerjaan di lapangan, selain itu faktor cuaca merupakan tantangan tersendiri bagi penyedia jasa yang ditugaskan melalui Perpres No 117 tahun 2015,” terangnya.

Setelah itu, Rahman dan rombongan berkunjung ke Zona Akses Taba Penanjung guna memantau langsung lahan atau bidang yang masih dalam proses pembebasan dan berpotensi konsinyasi di Desa Sukarami, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Sejauh ini, sambungnya, masih terdapat 99 bidang yang sedang berproses, 63 Bidang sedang dalam penilaian ulang, dan 36 Bidang sedang dalam proses penilaian oleh Tim Appraisal/KJPP.

Baca juga:  Kemenko Maritim Ikut Meriahkan Rekor MURI Penyajian Bakso dan Rekor Dunia Senam Poco-Poco

Adapun kunjungan lapangan Asdep Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves bersama pihak terkait di Provinsi Bengkulu ini dilakukan pada Selasa lalu (15-12-2020). Sebelumnya, Rahman bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan perwakilan Tenaga ahli Kantor Staf Presiden telah melakukan Rakor untuk membahas percepatan pembangunan infrastruktur Major Project dan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Bengkulu.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel