BeritaFoto

Terus Kawal Pembangunan TSTH2 Pollung, Kemenko Marves dan BPPT Serahkan Dokumen Perencanaan ke PUPR

Dibaca: 31 Oleh Selasa, 3 Agustus 2021Agustus 10th, 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 08 03 at 11.53.24
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-478/HUM/ROKOM/SET.MARVES/VIII/2021

Marves, Jakarta – Dalam rangka menindaklanjuti pembangunan Pusat Riset Herbal di Sumatera Utara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama BPPT melaksanakan serah terima Dokumen Perencanaan Pembangunan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara pada Senin, (02-08-2021).

“TSTH2 dirancang sebagai pusat riset dan inovasi pengembangan herbal dan hortikultura, satu diantaranya untuk menghasilkan bibit lokal yang unggul untuk mendukung program Food Estate Sumatera Utara,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan. Menko Luhut menuturkan rasa bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras BPPT dalam menyelesaikan dokumen Detail Engineering Design (DED) pembangunan tahap 1 ini, “Kami berharap agar dokumen Amdal dan DED lengkap dapat diselesaikan sesuai jadwal pula, yaitu di bulan September,” ungkapnya.

Telah menugaskan Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Nani Hendiarti untuk memantau kemajuan musim tanam kedua, Menko Luhut menyanjung perkembangan kemitraan dengan investor terkait demplot-demplot yang dibuat bersama kelompok tani telah berjalan dengan baik. Deputi Nani juga melaporkan perkembangan pembangunan irigasi dan jalan akses yang telah berkembang pesat, “Berkolaborasi seperti ini memang akan membuahkan hasil yang maksimal, ayo kita kawal terus agar tujuan bersama kita akan tercapai,” tegasnya.

Baca juga:  Pelatihan Peningkatan Kapasitas Komunikasi untuk Masyarakat di Kawasan Wisata Pulau Samosir

Dokumen dari BPPT ini pun resmi diserahkan oleh Menko Luhut ke Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono untuk dilakukan penelaahan sesuai persyaratan lelang, “Saya mengharapkan komitmen semua pihak untuk mengawal pembangunan ini,” tegas Menko Luhut.

Dalam kesempatan ini pula, Kepala BPPT Hammam Riza mengungkapkan rasa syukurnya atas kolaborasi yang baik ini, “Kami begitu mengapresiasi semua pihak yang telah bahu membahu mengerjakan ini, kami berharap TSTH2 Pollung dapat menjadi pusat riset dan inovasi tanaman obat dan hortikultura kelas dunia,” ungkapnya.

TSTH2 akan menjalankan fungsi sebagai etalase dunia, sebagai “hub” dan akselerator riset tanaman obat & Hortikultura Indonesia. Selain itu TSTH2 juga melakukan inkubasi teknologi untuk melahirkan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), melakukan kerjasama dan layanan kontrak riset (Contract Research Organization) dengan mitra dalam dan luar negeri serta menjalankan fungsi sebagai “Teaching Industry” imbuh Hammam Riza

Penyerahan yang dilakukan secara virtual ini juga disambut baik oleh Menteri PUPR dengan harapan semua dapat berjalan sesuai linimasa yang ada dan segera memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Dokumen tahap satu ini terdiri dari Dokumen konsep dasar Kawasan TSTH2, Dokumen Site plan – Visioning plan, Dokumen Studi Kelayakan (Feasibility Study), Dokumen Rencana Induk (Master plan), Dokumen Rencana Aksi (Action Plan), DED Tahap 1 (Gambar Kerja), DED Tahap 1 (RAB), DED Tahap 1 (RKS).

Baca juga:  Jepang Sambut Baik Sovereign Wealth Fund Indonesia

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel