Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Lakukan Beragam Bakti Sosial di Kota Kupang

whatsapp-image-2016-11-01-at-11-58-21
[Humas-Maritim] Kupang–Sejak diberangkatkan pada awal Oktober lalu, Tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) telah bertolak ke beberapa pulau di 24 provinsi di Indonesia. Salah satu wilayah yang didatangi oleh tim ENJ Kemenko Kemaritiman adalah Kota Kupang.

Tim yang beranggotakan 9 orang tersebut tinggal di Kota Kupang selama 5 hari untuk melakukan beragam kegiatan sosial. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mereka antara lain melakukan kerja bakti membersihkan pantai Manikin dan pantai Oesepa serta mengecat gapura pantai agar pengunjung pantai dapat memperoleh petunjuk lokasi wisata dengan mudah. Tak hanya itu, para peserta yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan itu juga melakukan pembuatan mural di pasar tani Bangunase serta membersihkan saluran irigasi di areal persawahan warga .

Kepada tim humas Kemenko Kemaritiman,Koordinator ENJ Kupang Ratih Agustina, menceritakan kisah suka-dukanya saat melakukan kegiatan sosial tersebut. “Lewat program ini saya dan teman-teman bisa menjadi lebih kreatif karena dituntut untuk membuat program dengan anggaran yang terbatas. Selain itu, mahasiswi jurusan pertambangan ini mengaku senang bisa mendapat teman baru dari latar budaya yang berbeda. Terpenting,menurutnya, dia bisa memperoleh wawasan baru tentang kekayaan alam Indonesia.

Ketika ditanya mengenai pengalaman duka dari kegiatan ENJ ini, salah satu yang disebutkan oleh Ratih adalah sulitnya melakukan lobi dengan pemerintah daerah untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat. “Kami sudah berusaha melakukan kontak dengan Diapora, maupun dinas sosial tapi susah tembusnya padahal kami ingin program ini bisa dilanjutkan setelah kami selesaikan program ini,
” tutur peserta ENJ ini.

Sementara itu, Lurah Oesapa Jhon Keban, yang menerima kedatangan tim mengaku sangat mengapresiasi kerja keras mereka. “Ini sangat luar biasa bila ada pemuda yang bersedia melakukan perjalanan jauh dari rumah dan melakukan kerja sosial tanpa dibayar,” tuturnya. Dia berharap, agar program edukasi dan program sosial semacam ENJ ini bisa terus ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. “Kami salut karena kemenko kemaritiman juga turun langsung ke daerah untuk menginisiasi program seperti ini,” tambah Jhon.

Selasa, Tim ENJ Lanjutkan Bakti Sosial ke Maumere

Setelah melakukan kegiatan sosial selama lima hari di Kupang, tim ENJ melanjutkan perjalanan ke Maumere, Selasa (1/11). Rencananya kesembilan tim ekspedisi tersebut akan menaiki kapal feri dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam untuk sampai di kota itu.

Seperti halnya yang dilakukan di Kota Kupang, di Maumere, tim ENJ akan melakukan kerja sosial sesuai pemetaan kebutuhan warga. Fatur Rahman, mentor ENJ Kupang, mengtakan bahwa para peserta akan melakukan kerja bakti bersih lingkungn, melakukan penyuluhan kesehatan serta mengajar di sekolah yang masih membutuhkan tenaga pengajar. (**)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Lakukan Beragam Bakti Sosial di Kota Kupang