BeritaFoto

Tindak Lanjuti Progres Capaian Dukungan Target SDGs 2021, Kemenko Marves Dengarkan Laporan Capaian dari Setiap K/L

Dibaca: 109 Oleh Jumat, 25 Maret 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 03 25 at 10.48.26 AM
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Bandung, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Biro Perencanaan mengadakan Rapat Penyampaian Laporan Capaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), di Bandung, Kamis (24-03-2022). Pelaksanaan kegiatan ini guna menindaklanjuti pertemuan terdahulu pada tanggal 23 Desember 2021 tentang Progres Capaian Dukungan Target SDGs tahun 2021.

Melalui pertemuan ini, Kementerian/Lembaga (K/L) di bawah koordinasi Kemenko Marves memaparkan capaian SDGs Tahun 2021 yang selanjutnya dievaluasi oleh Sekretariat Nasional Bappenas dan Staff Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim yang hadir sebagai evaluator. Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan Arif Rahman dalam paparannya. K/L juga diharapkan menyampaikan Succes Story minimal 1 hingga 2 kegiatan yang dirasa sangat memberikan kontribusi dalam pencapaian target Goals SDGs.

“Jadi hari ini kita akan mendengar laporan capaian SDGs dari setiap K/L, bagaimana succes story dari mulai perencanaan hingga pelaksanaannya, juga diharapkan pada kegiatan ini setiap K/L bisa menyampaikannya yang kemudian kita akan evaluasi bersama,’’ jelas Karo Arif.

Baca juga:  Menko Marves Memimpin Rakor Percepatan Pembangunan Tol

Lebih lanjut Karo Arif menjelaskan terkait peran Menko Marves dalam Perpres 59 tahun 2017 selaku Wakil Ketua III diberikan amanah sebagai Dewan Pengarah selain dalam konteks pelaksanaan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian juga memberikan arahan, yakni mengupayakan percepatan pencapaian SDGs, terutama pada tujuan, target, dan indikator terkait K/L dilingkup Kemenkomarves; dan Mendorong ketersediaan data SDGs pada lingkup tujuan, target, dan indikator.

Berdasarkan Rencana Aksi Nasional (RAN) yang telah disusun oleh Sekretariat SDGs Indonesia, tambah Karo Arif, kini dukungan target tujuan SDGs K/L di bawah Koordinasi Kemenko Marves tahun 2021 – 2024 menjadi 13 goals. “13 goals Itu terdiri dari dari tujuan 2, 4, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, dan 17,” kata Karo Arif

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim, Sugeng Santoso sebagai Pimpinan Rapat membuka acara dengan menekankan bahwa penyusunan laporan pelaksanaan SDGs Tahun 2021 berdasarkan Renaksi SDGs 2021-2024 beserta lampirannya.

SAM Sugeng Santoso yang juga sebagai evaluator SDGs mengharapkan masing-masing Kementerian dapat mengisi dan meng_update_ form Matriks Capaian SDGs dalam Form 2a dan menyampaikan informasi berupa dokumentasi atau infografis.

Baca juga:  Sampah Plastik Laut Adalah Isu Lintas Batas

“Tidak hanya itu melalui kegiatan ini kami juga ingin mendengar penjelasan mengenai kendala yang dihadapi dan juga tindak lanjutnya serta membuat best practice untuk capaian indikator tertentu yang dianggap bisa menjadi contoh,” jelas SAM Sugeng.

Lebih lanjut, SAM Sugeng mengatakan bahwa Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyampaikan inisiasi model sinergi berbagai pihak dalam konsep pembangunan ekonomi yang bersifat inklusif dan bekelanjutan untuk mencapai SDGs.

Model sinergi pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif yang mengedepankan ekonomi biru, ekonomi hijau, dan sirkular ekonomi ini menurut SAM Sugeng, selaras dengan matriks program/kegiatan pemerintah pusat dan daerah pada format matrik 2, matriks program/kegiatan non pemerintah untuk organisasi kemasyarakatan/filantropi/akademisi pada format matriks 3 dan 4, matriks program/kegiatan non pemerintah untuk pelaku usaha/bisnis pada format matriks 4.

Sebagai informasi, dalam rapat turut hadir pula Sekretaris Deputi di lingkup Kemenko Marves, Kepala Biro Umum dan Inspektur Kementerian Koordinator serta pejabat lain di lingkup Kemenko Marves

Baca juga:  Menko Luhut Tinjau Pembangunan Bandara Kulonprogo

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

SIARAN PERS
No.SP-106/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2022

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel