ArtikelBeritaFotoPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja, Kemenko Marves Selenggarakan Validasi Eviden

Dibaca: 18 Oleh Senin, 8 Februari 2021Februari 23rd, 2021Tidak ada komentar
Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja, Kemenko Marves Selenggarakan Validasi Eviden
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS 

No.SP-71/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2021

Marves–Bogor, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melaksanakan validasi dan pemutakhiran data kinerja triwulan (TW) IV tahun 2020 di Bogor pada senin (8-02-2021).

“Pelaksanaan validasi terkait dengan data-data kinerja, laporan kinerja itu memang adanya di penghujung tahun. Kita diberikan keleluasaan waktu untuk menyelesaikan dokumen-dokumen atau bukti-bukti eviden yang berkaitan dengan kinerja”, jelas Kepala Biro (Karo) Perencanaan Arif Rahman.

Karo Arif menjelaskan meskipun disebutkan keleluasaan waktu, namun batas waktu yang diberikan hanya sekitar 40 hari kerja.

“Hasil validasi ini tentu nanti akan dimanfaatkan selain untuk laporan kinerja, namun dapat pula dimanfaatkan sebagai peningkatan performa penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja di lingkungan Kemenko Marves”, ucap Kepala Bagian Akuntabilitas Kinerja Yetri Fermila.

Kabag Yetri kemudian menjelaskan bahwa hasil dari validasi yang diselenggarakan akan menjadi dasar langkah-langkah penguatan strategi kinerja pada masa mendatang dari capaian-capaian yang telah terpenuhi.

“Data yang saat ini telah masuk, masih dapat diperbaiki sesuai dengan hasil validasi, jadi data dukung yang akan menentukan hasil akhir adalah yang telah divalidasi”, tambah Kabag Yetri.

Baca juga:  Rencana Strategi Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur

Kabag Yetri kemudian juga menambahkan bahwa validasi terhadap eviden dan data dukung kinerja masing-masing unit kerja dilaksanakan dengan kolaborasi antara Biro Perencanaan dan Inspektorat Kemenko Marves.

Terkait dengan penyediaan data dukung, Ketua Tim Validasi Capaian Kinerja TW IV Lingkup Kemenko Marves Reza Pandi Tatwa mengatakan,
“Karena ini validasi kinerja, maka kami hanya akan melihat dari pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) apakah sesuai dengan yang diperjanjikan di Perjanjian Kinerja (PK), kemudian apakah sesuai dengan manual IKU-nya. Kalau tidak sesuai nanti akan menyusahkan kami (tim validasi) untuk melakukan validasi”, ucap Reza.

Sehubungan dengan kolaborasi antara Biro Perencanaan dan Inspektorat, Karo Arif menerangkan bahwa pihaknya telah membantu memudahkan penyampaian data dukung dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Kinerja Kemenko Marves (SIK-M).

“Data-data dukung yang diunggah di aplikasi akan kita lihat bersama, kita validasi bersama dengan Inspektorat sesuai dengan ketentuan yang telah di tentukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPanRB),” jelasnya.

Baca juga:  Menko Luhut : Maksimalkan Pemanfaatan Aspal Buton dan Kurangi Impor Aspal Minyak

Berdasarkan pengamatan Biro Perencanaan, menurut Karo Arif, semua indikator kinerja serta sasaran yang tertera pada Perjanjian Kinerja (PK) tahun 2020 hampir keseluruhan ditargetkan selesai pada TW IV.

“Sebetulnya kami (Biro Perencanaan) untuk tahun 2021 mengharapkan target atau pun sasaran PK bisa lebih menyebar, tentu dengan menyesuaikan kesiapan dari masing-masing deputi atau unit kerja,” tambahnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi 

 

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel